Rapat Paripurna Istimewa DPRD Dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Sergai ke-16

rapat paripurna istimewa

topmetro.news – Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ke-16 tahun 2020, DPRD Sergai menggelar rapat paripurna istimewa bertempat di Gedung DPRD Sergai Desa Firdaus Kec Sei Rampah, Selasa (7/1/2019).

Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam sambutannya menyebutkan bahea selama tahun 2019, Kabupaten Sergai panen prestasi dari berbagai bidang.

Sebut saja apresiasi dan hasil evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) tahun 2018 dengan predikat B dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB). Lalu Sergai juga meraih piagam tanda kehormatan satyalancana pembangunan dari Presiden RI. Yang terbaru, Sergai menerima penghargaan daerah tertib ukur yang diberikan langsung dari Menteri Perdagangan RI.

Pada perayaan HUT kemarin, Kabupaten Sergai juga memecahkan rekor MURI untuk jumlah peserta makan nasi ambeng dengan tema “isi piringku” terbanyak se-Indonesia, bahkan dunia, imbuhnya.

Rapat Paripurna Istimewa Bahas HUT Sergai

Disampaikan Bupati, kedepannya kita berharap agar segenap pihak menjaga kekondusifan selama tahun 2020 yang merupakan tahun politik sehingga seluruh proses yang ada dapat berjalan lancar. Selain itu juga mampu menghasilkan pemimpin yang bisa melanjutkan kemajuan pembangunan dan kehidupan masyarakat yang lebih baik dan sejahtera.

“Semoga dalam tahun politik ini, kita juga dapat menghasilkan pemimpin yang mampu mengemban amanah rakyat Sergai,” tandasnya.

Diingatkan Soekirman, bahwa dalam perjalanannya dari tahun 2004 sampai 2020, perkembangan Sergai sangat signifikan.

Hal ini terlihat dengan adanya pembangunan ruas-ruas jalan tol yang tersebar di beberapa Kecamatan seperti Perbaungan, Pegajahan, Teluk Mengkudu, Sei Rampah, Sei Bamban, Tebing Tinggi Dolok Merawan dan Dolok Masihul.

“Perkembangan ini diharapkan memiliki peran strategis terhadap roda perekonomian di Sergai,” pungkas Bupati Soekirman.

Mengapresiasi Tokoh Pemekaran

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Sergai dr. Rizki Ramadhan Hasibuan SH. SE menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada orang-orang tua, seluruh tokoh pemekaran Kabupaten Sergai. Mereka telah berjuang dengan sunguh-sungguh dan tanpa pamrih sehingga dapat memekarkan kabupaten ini 16 tahun yang lalu.

“Untuk memberi rasa hormat kepada pada tokoh pemekaran. Mari kita bersama memberi aplaus kepada tokoh pemekaran ini,” seru Rizki yang disambut tepuk tangan riuh hadirin dan para undangan saat rapat paripurna istimewa.

Diungkapkan Rizky, tentunya rakyat Sergai telah merasakan dan melihat manfaat pembangunan Kabupaten Sergai. Untuk itu kami berharap kepada para pemuda dan organisasi kepemudaan agar terus berperan aktif serta kreatif di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga: Kabupaten Sergai Masuk 10 Besar Anugerah Kebudayaan PWI

Kami juga berharap agar para pemuda sebagai penerus generasi dan pelopor pembangunan dapat turut serta sebagai benteng terdepan untuk memerangi narkoba yang telah meracuni banyak generasi bangsa, sebab di tangan pemuda jugalah masa depan negara ini dan secara khusus masa depan Sergai bergantung, tegas Ketua DPRD Rizky.

Pada rapat paripurna istimewa tersebut, Gubernur Provinsi Sumatera Utara Eddy Rahmayadi dalam sambutannya yang dibacakan staf ahli bidang pemerintahan Provsu H. Agus Tripriyono mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Sergai yang ke-16 pada tahun ini. Mari jadikan momentum hari jadi ini sebagai sarana introspeksi serta semangat menumbuhkan kebersamaan dengan menitikberatkan pada program membangun desa dan menata desa.

Pesan Gubsu di Rapat Paripurna Istimewa

“Hendaknya seluruh pihak terkait dapat merangkul masyarakat guna mensejahterakan Sergai. Sehingga nantinya dapat mendukung terwujudnya masyarakat Sumut yang berkarakter, aman dan bermartabat,” sebutnya.

Dikemukakan Gubernur, kami berharap dengan berlangsungnya pembangunan yang telah dilaksanakan. Seperti jalan tol trans Sumatera dapat kiranya memberikan dampak yang positif bagi masyarakat. Hingga mempercepat arus transportasi barang maupun orang guna mencapai tujuan.

“Namun begitu tentu ada dampak negatifnya, sehingga diharapkan pemerintah daerah dapat melahirkan inovasi. Tujuannya agar dapat meminimalisir dampak negatif tersebut guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” cetusnya.

Diakhir sambutannya, Gubernur menggarisbawahi situasi terkini yang memasuki masa Pilkada sehingga ia memohon doa dan kerjasama dari seluruh masyarakat Sumut. Hal ini guna menjaga persatuan dan kesatuan serta kekondusifan Kamtibmas agar gelaran pesta demokrasi dapat berjalan lancar dan aman seperti harapan.

Reporter | Dina Mariana

Related posts

Leave a Comment