You are here
Pemko Medan Harus Siap Layani Kegiatan Berskala Nasional Ekonomi & Bisnis 

Pemko Medan Harus Siap Layani Kegiatan Berskala Nasional

topmetro.news – Juru Bicara Fraksi Partai Golkar DPRD Medan M Rizky Nugraha SE mengatakan, Kota Medan dengan jumlah penduduk hampir mencapai 3 juta, yang menyebar di 21 kecamatan telah ditetapkan dalam rancangan tata ruang wilayah nasional dan Provinsi Sumut sebagai pusat kegiatan nasional.

Hal ini berarti Kota Medan mengemban tugas tidak hanya melayani wilayah administratif saja. Akan tetapi melayani kegiatan berskala nasional dan wilayah kawasan perkotaan Mebidangro.

Hal ini dikatakan M Rizki Nugraha saat membacakan pemandangan umum Fraksi Golkar DPRD Medan terhadap Nota Pengantar Walikota Medan atas Ranperda Kota Medan tentang Perubahan atas Perda Kota Medan No. 13 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Tahun 2011 sampai dengan 2031. Berlangsung di Ruang Paripurna Gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, Senin (13/1/2020).

Lebih lanjut Sekretaris Fraksi Partai Golkar ini menambahkan, fungsi dan peran yang diemban Kota Medan sebagai pusat kegiatan nasional tersebut, membawa konsekuensi cukup besar bagi perkembangan kota. Yang berdampak timbulnya permasalahan-permasalahan kota metropolitan pada umumnya seperti urbanisasi, kecamatan, kepadatan penduduk, ketidaknyamanan dan arus komputer.

Tata Ruang Berkualitas

Sehingga mengantisipasi permasalahan tersebut dibutuhkan produk rencana tata ruang yang berkualitas untuk menciptakan Kota Medan yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan. Serta mempunyai daya saing dan daya tarik sebagai daerah tujuan investasi.

Pada kesempatan itu, Rizky Nugraha juga menyoroti kondisi pembangunan di Medan Bagian Utara. Menurutnya pembangunan itu terkesan tidak adil, bila dibandingkan dengan situasi di pusat Kota Medan.

reporter | Jeremi Taran

180 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment