You are here
Wagirin Arman: Balon Walikota Harus Bisa ‘Melobi’ Anggaran ke Pusat Politik 

Wagirin Arman: Balon Walikota Harus Bisa ‘Melobi’ Anggaran ke Pusat

topmetro.news – Mantan Ketua DPRD Sumut H Wagirin Arman menilai, calon Walikota Medan harus punya hubungan emosional dengan pemerintah pusat. Dengan begitu, anggaran dari pemerintah pusat bisa turun untuk membangun Medan.

“Tak mampu hanya APBD Medan dan bantuan keuangan provinsi untuk bangun Medan. Medan harus dibangun dengan anggaran yang komprehensif. Yakni APBD Medan, bantuan provinsi, dan anggaran pusat,” kata anggota DPRD Sumut Wagirin Arman kepada wartawan, Senin (13/1/2020).

Menurutnya, menurun anggaran pusat ke daerah merupakan pekerjaan paling berat. “Kalau tidak ada hubungan emosional cemana itu? Hubungan emosional itu bisa hubungan politik, kekeluargaan, kekuasaan dan lainnya. Artinya, modal kekuatan Walikota Medan ke depan harus ada hubungan kuat dengan pemerintah pusat. Ini sangat menentukan Medan ke depan,” tegasnya lagi.

BACA | FPAN DPRD Medan Dukung Efisiensi Anggaran Pilkada Medan

Ambisi Membangun Medan

Dia juga menilai, banyak calon walikota yang punya ambisi dan memiliki keinginan untuk membangun Medan. Tapi, sebagai anak Sumut dan cinta kepada Medan serta berkeinginan Medan maju seperti Surabaya dan kota lainnya, Wagirin berharap Walikota Medan ke depan bisa membangun komunikasi dengan pemerintah pusat. Tanpa perlu melalui protokoler dan kapan saja bisa bertemu.

“Maka hubungan Bobby (menantu Jokowi-red) dengan Presiden adalah modal utama kita untuk membangun Medan,” terangnya.

Lalu, bagaimana terkait pengalaman Bobby yang diragukan banyak pihak? Wagirin menegaskan, Bobby bisa mencari orang yang berpengalaman untuk membangun Medan. “Namun, yang terpenting adalah semangat menurunkan anggaran pusat ke daerah. Itu kerjaan paling berat. Kalau tidak ada hubungan emosional susah itu,” tambahnya.

reporter | Erris JN

231 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment