Berlakukan Zona Tangkap, Ir Zahir MAP Gandeng Letkol Laut Dafris

zona tangkap ikan

topmetro.news – Bupati Batubara Ir H Zahir MAP memberlakukan zona tangkap ikan bagi nelayan tradisional dan modern di daerahnya. Untuk itu, bupati menggandeng Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tanjungbalai Letkol Laut Dafris.

Kerjasama yang dilakukan Bupati Batubara itu bertujuan guna meningkatkan kesejahteraan seluruh nelayan di Batubara. Baik untuk nelayan tradisonal maupun modern, yang mencari nafkah di wilayah Perairan Batubara.

Terkait ini disampaikan Bupati Batubara ketika menerima kunjungan kerja Danlanal Letkol Laut Dafris yang didampingi Passi Ops Kapten Laut Bentar Arif, Pasintel Kapten Laut Agustinus, Paspat Marinir Lapten Laut Philips, Dan Pom Pawal Kapten Laut Marwan Syah, Selasa (21/1/2020).

Lebih lanjut Zahir menjelaskan, bahwa Pemkab Batubara sendiri akan menyiapkan satuan tugas (satgas) yang nantinya pasti bekerja sama dengan Danlanal Tanjungbalai maupun Pos Polisi Air yang ada di Batubara

Siap Bantu Nelayan

Sementara Danlanal Letkol Laut Dafris mengatakan, jika pihaknya bisa membantu para nelayan dalam menangkap ikan di zona 1-3 mil, maka nelayan tradisional pasti akan lebih baik hasilnya. Ini berarti nelayan dengan alat tangkap yang jauh lebih modern akan menangkap ikan pada zona di atas 4 mil.

Kemudian Letkol Laut Dafris juga menyambut baik gagasan ide kreatif dari Bupati Batubara Ir H Zahir MAP. Dan dia berjanji akan siap membantu. Karena salah satu tugas Lanal adalah patroli laut, termasuk pada wilayah Perairan Batubara.

Pertemuan yang penuh dengan keakraban itu saling diskusi tentang keamanan laut, keamanan nelayan. Juga sekaligus mendiskusikan tentang Pulau Salah Nama dan Pulau Pandan yang merupakan potensi kelautan yang sangat indah yang perlu dijaga kelestariannya.

Di akhir pertemuan, Bupati Zahir dan Komandan Lantamal Letkol Laut Dafris saling bertukar cenderamata dan pemakaian topi kepada Bupati Batubara. Turut serta hadir dalam pertemuan tersebut, Kadis Perhubungan Jhonis Marpaung, Kadis Perizinan Rosdiana Damanik, serta Humas Pemkab Elwadif Zamzami SSTP.

reporter | Bima Pasaribu

Related posts

Leave a Comment