Gubsu Edy Rahmayadi: Belum Ada Warga Sumut Terserang Virus Corona

warga Sumatera Utara

topmetro.news – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memastikan belum ada warga Sumatera Utara (Sumut) terserang Virus Corona.

Tapi sejauh ini diyakini, ada warga Sumatera Utara yang terjebak di Wuhan. Kota ini memang diisolasi Pemerintah China untuk mencegah penyebaran virus Corona. Namun dia belum tahu jumlahnya karena masih dalam pendataan.

“Pasti ada. Hanya kan orangnya datang kemari nggak? Atau orang kita datang ke sana nggak? Ini yang masih kita pelajari,” kata Edy di Medan, Senin (27/1/2020).

Edy mengungkapkan, warga yang berada di Wuhan belum dapat dievakuasi karena tidak diperkenankan pergi untuk menghindari penyebaran virus mematikan itu.

“Tidak boleh keluar ke mana-mana kalau sudah kena wabah. Dia harus diobati di sana. Nanti dibawa kemari di sini terjangkit, makin repot jadinya,” ucapnya.

Antisipasi Virus Corona

Sejauh ini, kata Edy, Virus Corona belum terdeteksi di Sumut. “Saya masih mengecek ke dalam. Sampai saat ini sampai tadi pagi belum ada wabah Corona masuk ke Sumut,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi masuknya virus itu, saat ini pintu masuk ke Sumut dijaga ketat. Orang yang masuk ke Sumut, khususnya dari daerah terjangkit, harus mendapat perhatian khusus.

BACA JUGA | KKP Bandara Kualanamu Perketat Pengawasan Penumpang dengan Thermal Scanner

Petugas kesehatan dan masyarakat diminta mewaspadai masuknya virus ini. “Petugas atau masyarakat untuk mewaspadai wabah ini. Masyarakat juga jangan gundah. Jangan emosional. Jangan stres,” imbau Edy.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment