Kadis Kesehatan Sumut: Jaga Ketat Pintu Bandara-Pelabuhan dan Siagakan RSUP Adam Malik

cegah Virus Corona

topmetro.news – Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Alwi Mujahit Hasibuan menegaskan, akan memperketat penjagaan pintu-pintu masuk seperti Bandara Kualanamu, Pelabuhan Belawan, dan Tanjungbalai untuk cegah Virus Corona masuk. Rumah sakit juga disiagakan untuk merawat masyarakat yang terserang virus mematikan itu.

“Pintu keluar-masuk Sumut, baik itu dari pelabuhan maupun bandara, sudah disiagakan menggunakan detektor yang bisa mendeteksi suhu bahan,” ujarnya, Senin (27/1/2020).

Disebutkan Alwi, keputusan memperketat bandara dan pelabuhan itu dari hasil rapat tim yang terdiri dari Dinas Kesehatan Sumut dan Medan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RSUP Adam Malik, RSU USU Bandara, dan Angkasa Pura di Lantai 10 Kantor Gubenur Sumatera Utara, Senin (27/1/2020).

“Yang mana akan mensiagakan Rumah Sakit Adam Malik sebagai rujukan jika ditemukan penderita virus itu,” katanya.

BACA JUGA | Gubsu Edy Rahmayadi: Belum Ada Warga Sumut Terserang Virus Corona

Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Sampai saat ini, lanjut Alwi, belum ditemukan masyarakat Sumut yang terserang Virus Corona. Namun, Alwi menegaskan, pihaknya akan terus mengantisipasi penyebaran virus ini.

“Kementerian Kesehatan juga memberikan catatan kepada kita untuk mengantisipasi penyebaran virus ini. Untuk itu, kita memberikan arahan kepada pemerintah kabupaten-kota untuk terus siaga,” lanjut Alwi.

Alwi meminta masyarakat tidak khawatir terhadap adanya Virus Corona ini. Menurutnya, Virus Corona ini tidak terlalu sulit ditangani.

“Jangan panik, ini penyakit yang bisa ditangani. Tapi harus segera. Jika ada penyakit seperti demam tinggi, batuk, sesak napas, apalagi dia baru datang dari negara lain, agar segera memeriksakan diri,” jelasnya.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment