Banjir Genangi Jalan Lintas di Aceh Singkil

Curah hujan tinggi

topmetro.news – Curah hujan sangat tinggi di wilayah Desa Silatong Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil membuat sungai yang melintasi desa tersebut meluap, Rabu 29/1/2020).

Luapan sungai tersebut membuat Jalan Lintas Subulusalam-Gunung Meriah tergenang banjir.

Menurut penuturan salah seorang warga Silatong Asmudin, bahwa luapan air banjir mulai menggenangi jalan tersebut sekitar pukul 07.45 WIB.

“Saat ini banjir sudah menggenangi jalan lintas tersebut akibat hujan tadi malam,” kata Asmudin.

Untuk sementara ini jalan tersebut masih bisa dilintasi oleh pengendara roda empat. Namun bagi roda dua harus perlu berhati-hati.

Ketinggian air banjir sekitar 30 cm. Dan berdasarkan pantauan, ada tiga dusun yang terdampak banjir. “Untuk korban jiwa tidak ada,” imbuhnya.

Banjir di Sumut

Curah hujan yang cukup tinggi juga terjadi di Sumatera Utara, mengakibatkan banjir di Tapteng. Hal serupa juga terjadi di Kota Medan yang mengalami banjir lumayan parah, karena curah hujan tingi.

Sementara dampak banjir di Tapteng lebih parah lagi, karena bahkan mengakibatkan terjadinya korban jiwa. Setidaknya enam orang dinyatakan meninggal dunia akibat banjir di Tapteng.

“Banjir yang dipicu oleh intensitas hujan tinggi merendam tujuh desa atau kelurahan di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Rabu (29/1/2020) dini hari pukul 01.00 WIB. Banjir dengan tinggi muka air sekitar 2-2,5 meter tersebut juga menyebabkan warga meninggal dunia,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo, Rabu (29/1/2020).

Agus Wibowo mengatakan ada 22 warga yang terluka akibat banjir ini. Banjir di Tapteng tersebut merendam tujuh desa, yakni Desa Kampung Mudik, Desa Pasar Terandam, Desa Bungo Tanjung, Desa Kinali, Desa Ujung Batu, Kelurahan Batu Gerigis, dan Kelurahan Padang Masiang.

Informasi terakhir diterima topmetro.news, jumlah korban meninggal akibat banjir di Tapteng mencapai tujuh orang.

reporter | Rusid Hidayat Berutu – Erris JN

Related posts

Leave a Comment