Gus Sholah Meninggal, Indonesia Kehilangan Tokoh Penting

Gus Sholah Meninggal

TOPMETRO.NEWS – Gus Sholah meninggal (wafat), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melayat ke rumah duka. Layatan ke rumah almarhum Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Sholah di rumah duka, Mampang, Jakarta Selatan, digelar Senin (3/2/2020) pagi.

Gus Sholah Meninggal, Prabowo Panjatkan Doa

Seperti diberitakan suara, Prabowo datang sekitar pukul 08.00 WIB, dia mengenakan baju putih, celana hitam, dan peci hitam.

Kita Sangat Kehilangan

Tak berselang lama, setelah bertemua keluarga dan mendoakan Gus Sholah, Prabowo langsung meninggalkan rumah duka.

“Kita hari ini, kita datang untuk menyampaikan penghargaan, penghormatan saya. Kita kehilangan tokoh nasional, tokoh Islam yang menurut saya sangat penting. Kita sangat kehilangan. Semoga beliau diterima di sisi maha kuasa,” ucap Prabowo seperti disiarkan media nasional itu.

Meninggal di RS Jantung Harapan Kita

Diketahui, Gus Sholah, adik Presiden keempat RI Gus Dur, wafat di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta pada Minggu (2/2/2020) pukul 20.55 WIB.

Sosok Aktivis, Ulama dan Pembela HAM

Pria kelahiran Jombang, Jawa Timur, 11 September 1942 itu dikenal sebagai seorang aktivis, ulama, politikus, dan tokoh pembela hak asasi manusia (HAM) di Indonesia.

Gus Sholah pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ketika awal reformasi 1998, dan juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM.

Bersama kandidat presiden Wiranto, Gus Sholah mencalonkan diri sebagai kandidat wakil presiden pada pemilu presiden 2004, namun kalah di babak pertama karena menempati peringkat ketiga.

artikel untuk Anda | Untung Ada TNI, Bersama Masyarakat, NKRI Utuh Terjaga

Gus Sholah sudah disemayamkan di rumah duka sejak semalam, rencananya ia akan diterbangkan ke Jombang lewat Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta pukul 09.00 WIB dan dimakamkan di samping makam Gus Dur di kompleks pemakaman keluarga di Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (3/2/2020) 16.00 WIB.

berita terkait | Jokowi Gandeng Tokoh Islam, Cawapres Prabowo tak Harus PKS

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang, Jawa Timur, KH Salahuddin Wahid mengatakan Joko Widodo (Jokowi) harus menggandeng tokoh Islam sebagai cawapres dalam Pilpres 2019 nanti.

“Saya kira begitu. Kalau bukan dari Islam, pemilih Pak Jokowi bisa jauh berkurang,” kata Gus Sholah, sapaan akrab adik kandung Gus Dur itu di Jombang, Sabtu (17/3/2018) silam.

sumber | suara

Related posts

Leave a Comment