Waw! Salah Satu Pendiri Alibaba Joseph Tsai Beli Klub Basket NBA Brooklyn Nets

pendiri alibaba beli klub basket brooklyn nets

Topmetro.News – Salah satu pendiri Alibaba, Joseph Tsai membeli saham di Brooklyn Nets, klub basket yang bermain di NBA (National Basketball Association). Pembeliannya karena daya tarik bola basket terus meningkat di seluruh dunia.

“ Bola basket adalah olahraga global karena mudah diakses. Saat ini basket sedang digandrungi kaum muda. Penggemar basket terdapat di seluruh dunia, mulai dari China hingga Amerika Serikat (AS). Hal ini membentuk ikatan yang mendalam atas fenomena budaya ini, yang dipimpin oleh NBA dan bintang-bintangnya,” ujar Joseph Tsai, dilansir dari Forbes pada Kamis (06/02/2020).

Joseph Tsai adalah pemegang saham individual terbesar kedua Alibaba setelah Jack Ma. Kekayaan bersihnya sebesar USD11,5 miliar setara Rp157,04 triliun (kurs Rp13.656 per USD). Saat saham Alibaba melonjak tahun lalu, kekayaan bersih Tsai naik seperlima.

Tsai bergabung dengan Alibaba pada tahun 1999 sebagai kepala keuangan pertama. Tsai, yang juga warga negara Kanada, telah menjabat sebagai chief operating officer Alibaba dan anggota dewan pendiri Alibaba.

Pada September lalu, Tsai menyelesaikan pembelian Brooklyn Nets dan Barclays Center dari miliarder Rusia Mikhail Prokhorov. Dia membelinya senilai USD3,3 miliar setara Rp45,06 triliun.

Di awal tahun ini, dia menambahkan tim bola basket wanita New York Liberty ke dalam portofolio olahraganya. Walau begitu, dia tetap menjadi investor di tim Major League Soccer Los Angeles FC. Dia juga pemilik San Diego Seals, yang bermain di National Lacrosse League.

Tsai memegang gelar sarjana dalam bidang ekonomi dan studi Asia dari Universitas Yale. DIrinya menyumbangkan USD30 juta setara Rp409,68 miliar untuk Yale Law School pada 2016. Dia juga berdonasi untuk mendukung sekolah hukum China Center.(TMN-YOFE)

Related posts

Leave a Comment