Lima Tahun Numpang Belajar, SMAN 1 Beringin Miliki Gedung Baru

menumpang belajar

topmetro.news – Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meresmikan satu USB (unit sekolah baru) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Beringin Jalan Pantai Labu Kecamatan Beringin Kabupaten Deliserdang, Jumat (7/2/2020). Ini merupakan bentuk komitmen Pemprov Sumut terhadap pengembangan dunia pendidikan. Karena sebelumnya murid-murid ini menumpang belajar selama lima tahun di SMPN 1 Kecamatan Beringin.

Gedung baru yang dibangun Pemprov Sumut tersebut berada di atas lahan seluas dua hektar. Terdiri atas delapan ruang kelas, satu ruang perpustakaan, satu ruang laboratorium komputer, ruang guru, tata usaha, dan ruang kepala sekolah.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Edy Rahmayadi dan pemotongan pita oleh Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi. Hadir di antaranya Bupati Deliserdang Ashari Tambunan dan Ketua TP PKK Deliserdang Yunita Ashari Tambunan. Juga OPD Pemprov Sumut dan Pemkab Deliserdang serta undangan lainnya.

Gedung Sekolah dan Pendidikan

Pada kesempatan itu, gubernur menyampaikan, keberadaan bangunan gedung sekolah sangat penting dalam pengembangan dan pertumbuhan pendidikan suatu wilayah dan upaya mewujudkan pemerataan pembangunan pendidikan. Gedung sekolah sebagai prasarana pendidikan juga dibutuhkan dalam upaya peningkatan kualitas dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Karena itu menurut gubernur, sekolah menjadi salah satu barometer kemajuan sebuah daerah dan harus ditata dengan baik. Agar kelak dapat menghasilkan generasi penerus yang bisa membangun daerahnya. Sehingga terwujud kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Sumut. “Sekolah ini adalah barometer, sangat penting sekolah ini. Makanya harus ditata,” ujar gubernur.

Gubernur dan Bupati Deliserdang serta rombongan juga meninjau ruang kelas dan bangunan baru di sekolah tersebut. Di depan para siswa, gubernur menyampaikan motivasi. Menurutnya, ada tiga hal yang harus dilakukan seseorang agar berhasil dan sukses, yaitu akhlak, tekun belajar serta olahraga.

“Ketiganya harus dilakukan. Salah satu saja tidak dilakukan, maka kita tidak akan berhasil,” pesan Edy Rahmayadi kepada para siswa.

Terima Kasih Pemprov Sumut

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi dikalungi bunga setelah sebelumnya ‘diulosi’, saat peresmian Gedung SMAN 1 Beringin Deliserdang | topmetro.news

Kepala SMAN 1 Beringin Arya Novika Naulista Siregar merasa senang dan berterima kasih kepada Pemprov Sumut atas pembangunan dan peresmian gedung sekolah tersebut. Apalagi selama ini SMAN 1 Beringin melakukan kegiatan belajar mengajarnya di SMPN 1 Beringin, yang tidak jauh dari lokasi sekarang, sejak pertama kali berdiri pada tahun 2016.

Sejak Januari 2020, kegiatan belajar mengajar pindah ke gedung baru. “Kami sangat senang memiliki gedung baru. Sebelumnya kami menggunakan Gedung SMPN 1 Beringin. Kami berterima kasih dengan seluruh pihak yang ikut membantu kami mendapatkan gedung baru dan lahan ini,” kata Novika.

Para siswa juga sangat bergembira mendapatkan gedung sekolah baru. Seperti yang diungkapkan siswa Kelas X Dimas Febriyansyah. Katanya, belajar di gedung baru ini jauh lebih nyaman dibandingkan ketika masih menumpang di SMPN 1 Beringin.

“Saya senang sekali, bahagia, bangga dengan adanya gedung baru. Selama ini rasanya kurang nyaman belajar di sekolah lain. Harapannnya dengan gedung baru ini sekolah kami bisa terdepan dalam prestasi baik di nasional maupun interasional,” ujar Dimas.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment