Museum Negeri Akan Semakin Menarik

Museum Negeri

topmetro.news – Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara akan menjadi magnet wisata baru di Sumatera Utara. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara saat meninjau gedung Museum Negeri Prov. Sumatera Utara. Untuk mewujudkan hal tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara akan melakukan renovasi pada gedung Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara.

Pelaksanaan renovasi yang dilakukan sesuai dengan visi dan misi Bapak Gubernur Edy Rahmayadi. Renovasi ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah wisatawan macanegara dan juga mengedukasi sejarah maupun kebudayaan kepada masyarakat khususnya pelajar. Diharapkan dengan adanya renovasi ini, Museum Negeri Prov. Sumatera Utara dapat menjadi daya tarik wisata di Sumatera Utara.

Renovasi Museum Negeri Sesuai Dengan Visi dan Misi

Wakil Gubernur Sumatera Utara meninjau seluruh ruang pameran dari lantai satu hingga lantai dua. Wagub mengamati koleksi yang ada di ruang tata pameran museum yang didampingi Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprov Sumut M Fitriyus, Plt Kepala BPKAD Ismael Sinaga, Kepala UPT.

Museum Sugiarto, ST dan Kepala Bidang Inotek Balitbang Sumut Martina Silaban, SH yang sekaligus sebagai kurator museum.

“Setelah kita lihat perkembangan museum-museum yang ada saat ini ternyata sudah banyak museum yang memasukkan konsep digital di dalamnya. Kondisi seperti ini lah yang sesuai dengan keinginan anak-anak kita yang serba digital. Mereka tidak akan tertarik untuk datang ke sini (museum), karena masih menggunakan pola lama. Atas dasar itulah kenapa kita ingin merenovasi total Museum Negeri Sumatera Utara ini, ujar Musa Rajekshah.

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa renovasi dilakukan agar fasilitas Museum Negeri Prov. Sumut mengikuti perkembangan zaman saat ini. Tujuannya agar edukasi tentang sejarah maupun kebudayaan bisa sampai ke anak-anak, terutama sekolah atau pelajar. Juga agar para pengunjung dari luar Sumut hingga mancanegara semakin banyak yang berminat untuk datang ke museum ini.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Sumatera Utara dr. Ria Novida Telaumbanua, M. Kes mengatakan, bahwa pengembangan Museum Negeri Prov. Sumatera Utara merupakan salah satu prioritas dalam program kerja Disbudpar Sumut. Museum merupakan salah satu objek wisata sejarah budaya yang menjadi andalan Sumatera Utara sehingga pembenahan akan terus dilakukan. Tahun ini kita akan melakukan renovasi pada gedung museum yang dilaksanakan dua tahap hingga tahun 2021.

Tingkatkan Wisatawan

Renovasi ini tentunya untuk membuat museum lebih baik lagi dari sekarang, baik dari tampilan bagian depan museum, ruang tata pameran, ruang penyimpanan (storage) dan ruang pelayanan digital. Dengan dilaksanakannya renovasi ini, nantinya Museum Negeri Prov. Sumatera Utara akan memiliki Lift maupun tangga eskalator sehingga pengunjung dapat naik ke lantai 2 dengan mudah khususnya bagi pengunjung disabilitas.

Dengan renovasi yang dilakukan tentunya Museum akan semakin diminati wisatawan dan pengunjung akan semakin tertarik untuk datang ke Museum. Ia menyampaikan bahwa renovasi juga diharapkan untuk meningkatkan target wisatawan mancanegara ke Sumatera Utara.

Museum ini telah memiliki koleksi sebanyak 8.000 koleksi yang berasal dari Sumatera Utara, Pulau Jawa dan daerah lainnya. Wisatawan yang berkunjung didominasi oleh pelajar, wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Wisatawan mancanegara pada tahun 2019 sebanyak 1.007 orang yang terdiri dari 48 Negara. Dari hasil evaluasi yang dilakukan bahwa kunjungan wisman ke Museum Negeri Prov. Sumatera Utara dalam 3 tahun belakangan di dominasi Negara Malaysia, China dan Belanda. Wisatawan yang berkunjung ke Museum Negeri Prov. Sumatera Utara ini terus meningkat setiap tahunnya.

Disamping itu restribusi masuk ke museum milik Provinsi Sumatera Utara ini masih cukup murah yaitu Rp. 3.000,- untuk umum/dewasa/wisnus, Rp. 1.000,- s.d. Rp. 1.500,- untuk pelajar dan Rp. 10.000 untuk Wisman. Museum Negeri Prov. Sumatera Utara berada di Jl. HM. Joni No. 51 Medan, dibuka setiap hari Senin – Minggu dan hari libur dari pukul 08.00 wib s.d. 16.00 wib.

Penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment