You are here
Kepulauan Banyak Aceh Singkil Suguhkan Wisata Religi Makam Korban Tsunami Travel & Wisata 

Kepulauan Banyak Aceh Singkil Suguhkan Wisata Religi Makam Korban Tsunami

topmetro.news – Selain menyuguhkan kecantikan karang dan lautnya, wisata Kepulauan Banyak Aceh Singkil juga menyediakan wisata religi. Wisata itu berupa peringatan kepada korban Tsunami Aceh pada tahun 2004 silam.

Wisata itu sekaligus sebagai pengingat dahsyatnya gelombang pasang tsunami yang meluluhlantakkan Bumi Serambi Mekkah Aceh pada 2004 silam, yang terpusat di Kota Banda Aceh dan mengakibatkan ribuan nyawa melayang serta meratakan rumah penduduk.

Ternyata dampak gelombang pasang tsunami tersebut juga diarasakan oleh kabupaten paling ujung Aceh, yakni Aceh Singkil. Dan ada puluhan mayat yang hanyut ribuan mil dan terdampar di Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil.

Wisata Pulau Panjang

Menurut penuturan Kepala Desa Pulau Baguk Hardi, bahwa saat ini melalui Dana Desa yang dikelola BUMDes Karya Mandiri, telah dikembangkan wisata kepulauan tepatnya di Pulau Panjang.

“Desa melalui BUMDes terus menggenjot PADes melalui wisata bahari yang telah kita buka. Dan alhamdulillah. Saat ini wisata Pulau Panjang sudah dikenal dan banyak didatangi pelancong dari dalam maupun luar indonesia,” kata Hardi, Sabtu (8/2/2020).

“Selain wisata bahari, saat ini kita juga mengembangkan wisata religi yang dimana di pulau tersebut juga ada makam korban tsunami pada tahun 2004 silam. Kini kita sudah membuat monumen sebagai pengenang bahwa di Bumi Aceh pernah terjadi bencana alam kelam. Dan korban korbannya sampai hanyut ke pulau ini,” terang Hardi.

Hardi menambahkan, bahwa setiap tahun, dirinya bersama warga desa selalu berziarah ke makam tersebut. Dan rutin membersihkan makam dimaksud. “Sangat banyak tempat yang harus dikunjungi oleh para pelancong bila berkunjung ke Pulau Banyak. Salah satunya ke makam korban tsunami ini,” imbuhnya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Berita Lainnya

Leave a Comment