You are here
Lebih Murah dari ADV 150, ini Spek Lengkap Nmax Connected ABS Otomotif 

Lebih Murah dari ADV 150, ini Spek Lengkap Nmax Connected ABS

topmetro.news – Yamaha Indonesia resmi merilis harga All New Nmax 155 Connected ABS. Versi tertinggi Nmax ini dibanderol Rp33.750.000, berbanding Rp29.500.000 untuk varian standar.

Sementara jika dibandingkan dengan model kompetitor seperti Honda ADV 150, harga Nmax Connected ABS masih lebih murah. Mengutip informasi di situs resmi Astra Honda Motor, ADV 150 dibanderol Rp34.077.000 untuk varian CBS dan versi ABS dibanderol Rp37.077.000 on the road Jakarta.

Lantas seperti apa spesifikasi All New Nmax Connected ABS yang harganya lebih murah dari ADV 150?

BACA | BeAT Sering Dibully Sebagai Motor ‘Si Miskin’, ini Kata Honda

Desain dan Fitur

Dari segi desain, All New Nmax Connected ABS memiliki bentuk yang identik dengan All New Nmax Standar. Bedanya, versi Connected ABS sudah dibekali fitur Traction Control System (TCS) dan Communication Control Unit (CCU). Fitur TCS pada model baru Nmax tersebut disebut jadi yang pertama di segmen skutik 150 cc, sedangkan fitur CCU diklaim menjadi yang pertama diterapkan di motor produksi Indonesia.

Lebih khusus mengenai fitur CCU, fitur ini bisa dioperasikan melalui aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth. Aplikasi Y-Connect bisa diunduh di Play Store maupun App Store.

Ada beberapa fungsi yang bisa didapat pengguna Nmax melalui aplikasi tersebut. Pertama, ada fungsi Parking Location. Aplikasi Y-Connect akan menyimpan lokasi parkir motor (lokasi terakhir saat motor unpair atau disconnected dengan smartphone).

Selanjutnya adalah Phone & Message Notification. Ketika ada panggilan telepon atau pesan/email masuk ke ponsel, terdapat notifikasi yang bisa ditampilkan di layar speedometer.

Kemudian Nmax versi tertinggi ini bisa mengingatkan pemiliknya untuk melakukan perawatan motor. Berkat fungsi Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery), pengguna bisa mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) serta memberikan rekomendasi untuk perawatan.

Selain itu, fungsi lain dari CCU antara lain Fuel Consumption, yang membantu pengguna menganalisis pemakaian bahan bakar saat berkendara dan Malfunction Notification yang memberikan notifikasi melalui email jika terjadi masalah pada motor.

Di luar fitur tersebut, All New Nmax Connected ABS mendapatkan fitur Smart Key System dan tentunya perangkat dual channel ABS (Anti-lock Braking System), yang mencegah roda mengunci saat dilakukan panic braking.

Beberapa fitur lain yang ada di All New Nmax Connected ABS yakni Stop Start System (SSS) yang membantu mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti. Selain itu ada Electric Power Socket. Lantas teknologi Smart Motor Generator yang membuat suara motor lebih halus saat mesin di-starter.

Kemudian ada juga fitur Handlebar Switch Control yang berguna memudahkan pengaturan informasi pada panel speedometer. Tak hanya itu, untuk fitur keamanan, Yamaha juga sudah membekali fitur Hazard Lamp untuk memberi tanda dalam situasi darurat.

Mesin dan Tenaga

Dari segi mesin, All New Nmax Connected ABS mengusung mesin Liquid cooled 4-stroke, SOHC, 155 cc VVA (Variable Valve Actuation), dengan diameter x langkah 58,0 mm x 58,7 mm. Mesin itu memiliki perbandingan kompresi 11.6:1 dan bisa memuntahkan tenaga puncak 11,3 kW di 8.000 rpm dan torsi puncak 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

Sedikit informasi, tenaga mesin Nmax baru mengalami peningkatan. Namun untuk torsinya mengalami penurunan. Mesin Nmax lama bisa memuntahkan tenaga sebesar 11,1 kW dan torsi 14,4 Nm.

Perubahan performa mesin tersebut menurut Yamaha membuat mesin Nmax baru lebih lebih smooth dan memiliki akselerasi lebih merata. Namun saat putaran mesin meninggi tenaganya tetap maksimal.

Dengan desain rangka yang baru, All New Nmax juga mendapatkan kapasitas tangki lebih besar, yakni 7,1 liter dari 6,6 liter pada model sebelumnya.

All New Nmax juga tetap mendapatkan sokbreker jenis subtank suspension. Namun khusus untuk varian ABS Connected bisa diatur dua setelan.

“Untuk Connected ABS bisa dilakukan penyetelan dua posisi (suspensi belakang). Jadi kalau boncengannya ‘kelas berat’ itu bisa diatur posisinya supaya pengendalian lebih stabil,” ujar Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Ridwan Arifin, beberapa waktu lalu.

sumber | detikOto

Berita Lainnya

Leave a Comment