Jangan Dekat-dekat!!! Pengawal Raja Salman Pake Senjata Api Loh

Advertisement

TOPMETRO.NEWS – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis Al Saud membawa sejumlah personel pengawalnya dalam kunjungannya ke Indonesia. Pengawal pribadi Raja Salman itu dilengkapi senjata api.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana mengatakan, pengawal tamu VVIP setingkat kepala negara memang diperbolehkan membawa senjata api dari negaranya.

“Boleh diperkenankan (bawa senjata api), kita batasi. Ada SOP dari kita. Angkanya ada di intelijen, tetapi itu SOP dan mekanisme kita yang harus kita lakukan. Untuk pengawal raja saja (yang bawa senpi),” ujar Suntana sebagaimana dilaporkan detik, sesaat lalu.

Soal berapa banyak senjata api yang dibawa pengawal Raja Salman, Suntana tidak menyebutkan.

“Mereka bawa secukupnya, mereka minta berapa terus kita negosiasikan. Enggak sampai ratusan (pucuk senjata api),” ucapnya.

Sementara, Raja Salman sendiri dikabarkan membawa ratusan personel untuk mengawalnya dan juga pangeran-pangerannya. Personel pengawalan Raja Salman akan berkoordinasi dengan Paspampres dan Polri untuk mekanisme pengamanan dan pengawalan tersebut.

“Ada satu mekanisme antarnegara dalam melindungi kepala negaranya. Kepala negara itu boleh dan dipersilakan membawa pengawal-pengawal dari kesatuannya mereka di negaranya masing-masing, tapi dalam pelaksanaannya dikoordinasikan sama kita, termasuk berapa senjata yang mereka bawa itu kita data saat datang dan pulang,” jelasnya.

Rombongan Raja Salman berjumlah sekitar 1.700-an orang. Selain Paspampres, polisi juga akan melakukan pengamanan dan pengawalan di Ring III dan IV.(dt)

Advertisement

Related posts

Leave a Comment