Pascakerusuhan di Kabanjahe, 191 Dititipkan di Rutan dan 4 Lapas

pascakerusuhan Rutan Kabanjahe

topmetro.news – Beberapa jam pascakerusuhan Rutan Kabanjahe (Rumah Tahanan Negara Klas IIB Kabanjahe), Kabupaten Karo, Rabu (12/2/2020), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Wilayah Sumatera Utara akhirnya mengambil kebijakan memindahkan (menitipkan sementara-red) 191 narapidana (napi) ke satu rutan dan empat lembaga pemasyarakatan (lapas) yang ada di Sumut.

“Dibantu aparat kepolisian dan TNI, proses pemindahan warga binaan dilaksanakan, Salasa malamnya,” kata Humas Kemenkumham Wilayah Sumut Josua Ginting, Kamis (13/2/2020).

Dengan rincian sebanyak empat napi dipindahkan ke Lapas Medan. Lalu 61 orang ke Lapas Binjai, 76 orang ke Lapas Pemuda Kabupaten Langkat, 16 orang ke Lapas Perempuan, dan 34 lainnya ke Rutan Sidikalang.

Dari 191 napi tersebut, 20 di antaranya juga berstatus tahanan kepolisian karena kasusnya sedang disidik Polres Tanah Karo dan Polda Sumut.

Informasi lainnya dihimpun, dari 198 tahanan kepolisian yang dititip di Rutan Kabanjahe juga dipindahkan ke delapan polsek dan Polres Tanah Karo.

Yakni ke Polsek Payung, Tiga Binanga, Banis Jahe dan Polsek Munte (masing-masing 5 orang). Ke Polsek Tiga Binanga dan Polsek Juhar (masing-masing 20 orang). Polsek Simpang Empat (10 orang) dan Polsek Berastagi (10 tahanan wanita).

Sedangkan tahanan yang dipindahkan sentara ke Polres Tanah Karo sebanyak 118 tahanan, tiga di antaranya wanita.

Total 410 Warga Binaan

Josua Ginting mengungkapkan jumlah seluruh penghuni Rutan Kabanjahe sebanyak 410 orang. Dengan rincian napi pria sebanyak 188 orang dan napi wanita 16 orang. Sedangkan jumlah tanahan pria sebanyak 192 orang dan tahanan wanita sebanyak 14 orang.

Dalam kerusuhan di Rutan Kabanjahe tercatat satu orang dirawat di RSU Kabanjahe. “Masih mendapatkan perawatan sampai hari ini,” kata Josua.

Akibat kerusuhan tersebut bangunan rutan terbakar dan hanya tiga sel bisa digunakan. Kini, pihak Kemenkuham Sumut dibantu TNI/Polri melakukan pembersihan dan akan segera membangun kembali gedung rutan tersebut.

Napi Narkoba

Sebelumnya santer diberitakan, kerusuhan ditengarai berkaitan dengan perkara narkoba. Karutan Kabanjahe Simson Bangun yang dikonfirmasi awak media pascakerusuhan memprediksikan kasus kerusuhan berkaitan erat dengan tertangkapnya kembali napi perkara narkoba.

“Saya tangkap napi narkoba itu kemarin. Polres telah menyerahkan tahanan ini ke rutan. Kemungkinan besar dia yang menggerakkan kerusuhan. Mungkin dia sakit hati karena baru keluar kemudian tertangkap lagi,” kata Simson Bangun.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment