You are here
Tidak Menyangka Suaminya Divonis 13 Tahun, Agustini Histeris di PN Medan Kota Medan 

Tidak Menyangka Suaminya Divonis 13 Tahun, Agustini Histeris di PN Medan

topmetro.news – Tidak menyangka suaminya, Ahmad Rinaldi divonis pidana 13 tahun penjara, Agustini spontan menangis histeris di Ruang Cakra 8 PN Medan, Kamis (13/2/2020).

“Ya Allah… 13 tahun,” pekik ibu beranak tiga itu seolah tidak percaya beberapa saat setelah majelis diketuai Abdul Kadir membacakan vonis.

Kalimat itu berulang kali keluar dari mulut Agustini. Harumnya aroma tubuh Themis, dewi kebajikan dan keadilan dalam mitologi Yunani, masih sebatas mitos. Agustini tampak seperti orang tersesat. Kebingungan karena tidak tahu mau berbuat apa. Bingung mencari sosok dewi keadilan.

Tim penasihat hukum (PH) suaminya dan kedua terdakwa lainnya Syafaruddin alias Aseng dan Sudiro alias Lelek yang biasanya hadir mendampingi selama persidangan pun absen di persidangan.

“Suamiku sama yang dua lagi nggak bersalah Bang. Ya Allah… 13 tahun,” tegasnya sembari terisak.

Menurutnya, fakta hukum sebenarnya, ketiga terdakwa warga Tanjungbalai itu adalah korban. Pemilik sabu seberat 7.159 gram tersebut adalah Yahya Pulungan.

Tersangka Sabu DPO?

“Macam mana pula bisa Yahya Pulungan itu kata Pak Polisi DPO? Orang itu ditangkap berempat. Yahya Pulungan digari dengan si Lelek. Si Yahya yang menunjukkan lokasi sabu disimpan. Orang itu dibawa Pak Polisi pakai mobil. Tapi sampai di Simpang kawat Yahya diturunkan,” urai Agustini.

Bahkan ketika dites urine, suaminya negatif mengandung metamfetamina. “Suami saya merokok pun tidak. Dites urinenya juga negatif mengandung narkoba. Takut sama air, tidak bisa berenang, takut ketinggian, gampang mabuk laut. Macam nama Bang, suami saya dibilang terlibat membawa sabu dari tengah laut?” tutur Agustin sembari menutupi wajah dan melap air mata dengan kedua telapak tangannya.

Menyadari suaminya sudah dibawa ke sel tahanan sementara PN Medan, dia pun berusaha menemui dan memeluk suaminya Ahmad Rinaldi, sebelum dibawa kembali ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanjung Gusta Medan.

Agustini memeluk erat suaminya Ahmad Rinaldi di ruangan sel sementara PN Medan sebelum berpisah sementara waktu. Suaminya akan dibawa ke Rutan Tanjung Gusta Medan dan dia kembali ke kediamannya di Tanjungbalai | topmetro.news

Ringan 4 Tahun

Sementara dari arena persidangan, terdakwa Ahmad Rinaldi Syafaruddin alias Aseng dan Sudiro alias Lelek masing-masing divonis pidana 13 tahun penjara dan denda Rp1 miliar. Subsidair (bila denda tidak dibayar maka diganti dengan) tiga bulan kurungan.

Dari fakta-fakta rerungkap di persidangan, majelis hakim diketuai Abdul Kadir berkeyakinan ketiga terdakwa terbukti bersalah tanpa dengan permufakatan jahat menjadi perantara dalam jual beli (kurir) narkotika golongan I jenis sabu seberat 7.159 gram. Yakni pidana Pasal 114 Ayat (2) jo. Pasal 132 Ayat (1) UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Vonis tersebut lebih ringan empat tahun dari tuntutan JPU. Sebab pada persidangan pekan lalu ketiga terdakwa masing-masing dituntut pidana 17 tahun penjara dan denda Rp1 miliar. Subsidair enam bulan kurungan.

reporter | Robert Siregar

Berita Lainnya

Leave a Comment