Disporasu Gelar Pelatihan Barbershop dan Komputer Untuk Tahun 2020

disporasu gelar pelatihan barbershop dan komputer

topmetro.news – Kadisporasu H Baharuddin Siagian, SH, MSi mengatakan, di era serba tekhnologi saat ini, trend pangkas ala Barbershop menjadi sebuah kebutuhan tersendiri bagi seluruh kalangan. Dimana dengan trend dan tekhnologi akan model dan style rambut yang serba milenial. Hal itu, membuat berbagai kalangan berlomba-lomba menempatkan orang-orang terbaiknya, untuk dipekerjakan sebagai tenaga ahli dibidang barbershop. Dan berangkat dari hal tersebut, gelagat akan kemajuan pesat harus dapat ditindaklanjuti dengan cepat. Agar nantinya pemerintah merespon perkembangan dengan menjalankan program kegiatan pelatihan tenaga ahli. Seperti kegiatan ini yakni barbershop dan pelatihan komputer, yang digelar Disporasu mulai 25 Februari hingga 20 Maret 2020.

“Kita merespon pergerakan zaman dan melalui bidang pemuda. Untuk itu saya menginstruksikan, agar menggelar dua pelatihan dengan rencana 22 hari kerja. Tujuannya tidak lain agar para tenaga ahli yang dilatih dapat memiliki skil dan kualitas. Selain itu kelak jika nantinya para peserta memiliki kemampuan yang layak dan memiliki daya saing, Maka sudah barang tentu lapangan kerja akan tercipta dan peluang. Dan mampu ntuk melahirkan gerai-gerai barbershop di tanah air akan semakin menunjukkan peningkatan yang signifikan,“ kata Bahar dihadapan peserta yang hadir di aula lantai II Disporasu, Selasa (25/02/2020) siang kemarin.

Dikatakan, pelatihan yang digelar pihaknya selama kurun waktu beberapa tahun ini, sifatnya tidak lain, agar dalam proses yang dijalani para peserta dapat menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan. Artinya dalam proses zaman dimana menunjukkan persaingan ketat, maka pemerintah melalui Disporasu harus dapat memunculkan generasi muda yang mumpuni. Dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. “Maka kita sangat menaruh harapan besar, momentum pelatihan ini dimanfaatkan peserta dengan sebaik-baiknya,”ucap Bahar.

Selain itu juga, jika para tenaga terampil memiliki talenta maupun skill bisnis, peluang untuk menghasilkan income melalui media sosial dapat dengan mudah diraih. “Saat ini bisnis online dapat dimanfaatkan dengan mengupdate produk maupun kemampuan yang dimiliki. Artinya promosi dari hasil karya maupun skill yang dimiliki zaman sekarang ini dapat dengan mudah kita tayangkan melalui media sosial,”tutur Bahar.

Memanfaatkan Media Sosial Dengan Positif

Termasuk juga dibidang pelatihan komputer, para peserta juga dapat memanfaatkan media sosial untuk dijadikan sarana pemasaran secara cepat. Semua peluang bisnis yang dapat dipasarkan secara online melalui sosial media. Semua produk dapat kita pasarkan secara mudah dengan strategi yang harus dibangun. “Dan tentunya melalui proses pelatihan ini nantinya akan lahir tenaga-tenaga handal, yang memiliki jiwa kewirausahaan,”pungkas Baharuddin Siagian.

Sementara itu Ketua Panitia, Zulham, ST mengatakan, kegiatan pelatihan keterampilan pemuda bidang barbershop komputer bertujuan ingin meningkatkan kemampuan pemuda. Dan  menciptakan daya saing dizaman yang seba canggih ini.

Selain dapat membangkitkan jiwa kewirausahaan, juga nantinya dapat mengurangi angka pengangguran ditengah-tengah masyarakat.Kegiatan ini bekerjasama dengan umUniversitas Panca Budi dan Medan Barber Shop yang ada di Jalan Dr Mansyur. Dan dikesempatan tersebut, Hamdani dari Univ Panca Budi mengungkapkan, misi kampus UNPAB saat ini adalah, ingin menggali kearifan lokal.

UNPAB mengharapkan program-program yang dijalankan pihaknya dikegiatan ini, dan kedepannya akan melahirkan generasi muda yang berkualitas. Sedangkan Irvan Ginting dari Lembaga Medan Akademi Barbershop menuturkan, industri barber shop saat ini mengalami perkembangan yang pesat.

Dimana dengan skill yang dimiliki para tenaga ahlinya dapat dikerjakan di sejumlah tempat ditanah air, sehingga menjadi peluang yang sangat bagus. “Jangan pernah berhenti untuk belajar dan menimba ilmu. Dan kedepan pihaknya berharap dapat terus menjalin kerjasama bersama Disporasu,” pungkasnya mengakhiri.(TMN-YOFE)

Related posts

Leave a Comment