Kajatisu Ngopi Bareng Pejabat Pemko Medan

ngopi bareng

topmetro.news – Kajatisu Dr Amir Yanto SH MH beserta rombongan baru-baru ini menggelar ngopi bareng dengan Plt Walikota Medan Akhyar Nasution beserta pejabat dan staf di Pemko Medan.

Even silaturahmi namun serius dengan penyelenggara pemerintahan tersebut bukanlah hal yang baru. Sebab ketika menjabat sebagai Kajati Bali, Amir Yanto menyempatkan diri untuk bertatap muka dan sharing seputar penegakan hukum, termasuk perubahan mindset untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa dijerat tindak pidana korupsi.

Kalangan camat, lurah dan yang ikut Ngopi Bareng tersebut sepertinya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan. Sejumlah pertanyaan pun terungkap ke permukaan.

Penyelenggara pemerintahan yang berhubungan langsung dengan masyarakat tersebut diimbau agar tidak takut, sepanjang menjauhi praktik-praktik terindikasi korupsi.

“Yang penting kuasai tupoksi, jika ragu segera konsultasi dengan ahlinya. Kemudian lakukan monitoring ketat dan pertanggungjawaban formil harus tepat,” katanya.

Pendampingan Hukum

Putra petani asal Boyolali itu mengaku sengaja membawa sejumlah stafnya, baik dari lingkungan Kejati Sumut, Kejari Medan serta Kejari Belawan sehingga hubungan dengan jajaran Pemko Medan dapat berlangsung dengan dengan baik.

“Kami membuka diri untuk berkonsultasi hukum bagi aparat Pemko Medan yang ragu-ragu dalam mengambil keputusan karena takut bersentuhan dengan hukum. Kami siap memberikan pendampingan hukum,” tegasnya.

Di antaranya, pendampingan hukum di bidang perdata dan tata usaha negara dengan menggunakan jaksa sebagai pengacara negara. Dalam memberikan pendampingan hukum, imbuhnya, tidak ada pemberian biaya, kecuali biaya resmi seperti pendaftaran persidangan maupun fee setelah memenangkan perkara.

“Kita juga dapat memberikan bantuan hukum jika ada aset pemerintah daerah yang dikuasai pihak ketiga. Sebab, ini merupakan salah satu program prioritas Kejaksaan Agung,” ungkapnya.

Jadi ‘Pesakitan’

Sebelumnya, Plt Walikota Ir Akhyar Nasution MSi menyampaikan rasa gembiranya karena dapat bersilaturahmi dengan Kajati Sumut beserta seluruh jajarannya.

“Kami di sini yang hadir di antaranya Sekda, para Asisten, pimpinan OPD, 21 camat dan 151 lurah serta kepala bagian di lingkungan Setda Kota Medan. Kami sengaja membuat acara ini di Taman Cadika yang merupakan aset Pemko Medan,” ujar Akhyar seraya menambahkan, melalui pertemuan ini diharapkan terjalin komunikasi yang baik antara jajaran Pemko Medan dengan pihak kejaksaan.

Pemko Medan kata Akhyar, sangat berterima kasih dan selalu berharap bimbingan dari kejaksaan agar ke depan tak ada lagi persoalan hukum yang terjadi.

“Tinggalkanlah semua perbuatan yang membuat kita menjadi ‘pesakitan’. Ayo, kita move on dari masa lalu. Kejadian itu bisa menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat, jika tidak ada kepercayaan masyarakat, maka pembangunan tidak akan maksimal,” katanya.

Akhyar Nasution juga mengimbau seluruh jajarannya agar bekerja dengan baik dan semangat baru dalam menjalankan amanat pemerintahan, serta minta pendampingan hukum dari pihak kejaksaan agar kita tidak salah dan diterima masyarakat, sehingga kita nyaman dalam bertugas dan tinggal di Kota Medan. Dialog dipandu Asisten Pemerintahan dan Sosial Setdako Medan Musaddad Nasution.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment