Pemkab Samosir Gelar Sosialisasi Penyusunan RPJMD Desa

sosialisasi penyusunan RPJM

topmetro.news – Pemkab Samosir melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, Masyarakat dan Desa (PPAMD), mengggelar sosialisasi penyusunan RPJM (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah) Desa di Aula AE Manihuruk, Parbaba Kecamatan Pangururan, Rabu (4/3/2020).

Sosialisasi tersebut diikuti epala desa, sekdes, serta kaur umum dan perencanaan. Ada juga Ketua BPD serta para pendamping desa setiap desa dari Kecamatan Palipi, Nainggolan, Onan Runggu, dan Sitiotio.

Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga dalam sambutannya menekankan, agar seluruh kepala desa menyusun RPJM Desa sesuai dengan visi misi kepala desa. Sehingga arah kebijakan desa diketahui ke depannya.

Melalui tim penyusun RPJM Desa yang dipilih, terlebih dulu harus mengkaji dan menggali gagasan dari masyarakat. Hasilnya nanti dituangkan menjadi RPJM Desa yang menjadi arah kebijakan pembangunan desa dan rencana kegiatan yang meliputi bidang pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan serta pemberdayaan masyarakat desa.

Kebijakan Pembangunan Kabupaten

Wabup Juang juga mengingatkan agar penyusunan itu selaras dengan arah kebijakan pembangunan kabupaten. Sehingga program dan kegiatan pembangunan pemkab dan desa tetap terintegrasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, Masyarakat dan Desa (PPAMD) Amon Sormin, menyampaikan, bahwa kegiatan Fasilitasi RPJM Desa bertujuan agar pemerintah desa yang baru terpilih perlu membuat RPJM Desa. Hal itu sebagai pedoman memetakan program kegiatan desa selama enam tahun ke depan.

BACA JUGA | Warga Ronggurnihuta Samosir Protes Keras Hutan Lindung Dijadikan TPA Sampah

Narasumber pada Penyusunan RPJM Desa yang ditargetkan sudah siap awal Bulan April 2020 tersebut adalah Asisten I Setdakab Mangihut Sinaga. Juga Kepala Bappeda Samosir Rudi Siahaan.

reporter | TIM

Related posts

Leave a Comment