Maksimalkan Peran BUMN dan Anak Cucunya dalam Penanggulangan Corona

penanggulangan Virus Corona

topmetro.news – Pemerintah harus melakukan tindakan sangat serius dalam penanganan dan penanggulangan Virus Corona. Hal itu terkait dengan adanya dua orang yang dinyatakan pemerintah positif Covid-19 atau Virus Corona dan bertambahnya suspect di berbagai daerah.

Pemerintah pusat dan daerah harus memaksimalkan tindakan preventif. Bukan menunggu munculnya suspect baru bertindak. Salah satu cara efektif untuk tindakan preventif adalah dengan memanfaatkan peran BUMN dan anak cucunya yang tersebar di seluruh pelosok tanah air.

Demikian antara lain disampaikan anggota Komisi VI DPR RI Lamhot Sinaga.

Semua rumah sakit yang dimiliki BUMN harus menyediakan layanan khusus penanganan Virus Corona. Jangan hanya berharap pada rumah sakit pemerintah saja. Rumah sakit BUMN menyediakan tanggap darurat, ruang isolasi, dan penanganan khusus untuk suspect dan yang dinyatakan positif Covid-19.

BACA JUGA | Pasien Virus Corona Asal Depok Sempat Dansa dengan WN Jepang

Maksimalkan Peran BUMN

BUMN juga harus dimaksimalkan perannya, khususnya untuk sosialisasi. Jadikan semua area yang diakses masyarakat dilengkapi informasi Corona. Hal yang bisa dilakukan antara lain adanya banner, leaflet dan videotron berisi konten terkait corona di semua kantor BUMN, seperti bank, transportasi, telekomunikasi, pegadaian, hotel, tempat wisata.

Lamhot mencontohkan layar ATM bank BUMN yang diisi sosialisasi penanganan Corona. “Demikian juga SMS dari Telkomsel dibroadcast untuk mengingatkan masyarakat cara hidup sehat,” imbuh Lamhot.

Untuk mendukung ketersediaan masker, hand sanitizer, dan kebutuhan pokok lainnya, sebutnya, BUMN harus jadi ujung tombak. “Genjot semaksimal mungkin produksi masker dan hand sanitizer dan wajib dijual dengan harga normal. Holding BUMN farmasi harus bergerak cepat dan terkoordinasi,” katanya.

Lamhot Sinaga yang sedang berada di dapilnya dalam rangka masa reses itu, minta Menteri BUMN Erik Tohir langsung memberikan perintah ke semua Direksi BUMN. Bila perlu, menindak mereka yang tidak melakukan upaya maksimal dalam penanganan Virus Corona ini.
Attachments area

reporter | Jefry Siregar

Related posts

Leave a Comment