Menyamar Jadi Pemulung, Nekat Curi Kabel, Sidabutar Cs Ditangkap di Batam

menyamar jadi pemulung

TOPMETRO.NEWS – Nekat menyamar jadi pemulung, dua pelaku pencurian yakni Johannes Sidabutar alias Sidabutar dan Paruntungan Siregar alias Untung alias Siregar ditangkap di Batam. Kedua pria ini dilaporkan telah mencuri kabel seharga Rp 215 ribu. Tak pelak lagi, mereka terpaksa diamankan Polsek Batuaji, Sabtu (22/2/2020) silam.

Menyamar Jadi Pemulung, Sikat Kabel Listrik dan Mic

Keterangan yang diperoleh, kedua pelaku nekat mencuri kabel listrik dan kabel Mic dari Cafe Beringin di jalan Diponegoro Sei Temiang Batam.

Kedua pelaku, kata polisi, diamankan saat asyik main jackpot di Kampung Aceh Simpang Dam, Muka Kuning Batam.

Dipertontonkan di hadapan wartawan, seorang pelaku Johannes Sidabutar mengaku nekat mencuri kabel lantaran sudah terdesak, tak punya uang lagi.

“Tidak ada kerjaan, uangpun tidak ada,” katanya bernada datar.

Sementara pelaku lainnya, Paruntungan Siregar hanya terdiam saat di perhadapkan kepada kaum wartawan di Polsek Batuaji.

Modusnya Pura-pura Cari Barang Bekas

Dari hasil pengembangan sementara kedua pelaku diketahui sudah sering melakukan aksinya dengan modus pura-pura mencari barang bekas.

“Jadi orang ini setiap hari berpura-pura mencari barang bekas,” kata Iptu Thetio, Kanit Reskrim Polsek Batuaji, seperti diberitakan spiritriau.

Hasil Curian Sudah Dijual

Dia mengatakan barang bukti berupa kabel yang dicuri sudah dibakar dan timahnya dijual.

artikel untuk Anda | Untung Ada TNI, Bersama Masyarakat, NKRI Utuh Terjaga

Sementara uang hasil penjualan dibagi dua. “Kita masih kembangkan kasusnya,” kata Thetio.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku diganjar pasal 363 KUHP pencurian yang dilakukan malam hari dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

baca pula | Alamak..!!! Maling Terekam CCTV Cuma Ambil CD Wanita

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, maling terekam CCTV (kamera pengintai). Kalau sebelumnya terjadi di Medan, kini terulang lagi di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Aksi kriminal itu terjadi halaman toko helm di Jalan Gajah Mada, dekat Simpang Tinju.

Lisa (37), pemilik toko menuturkan aksi pencurian itu berlangsung Jumat (6/3/2020) lalu sekitar 16.25 WIB. Salah seorang pelanggannya berjenis kelamin perempuan memarkirkan motornya di halaman tokonya. “Dia menaruh tasnya yang mirip tas laptop di motornya,” ujar Lisa seperti diwartakan suara.

Berdasarkan rekaman CCTV, beberapa waktu setelah pelanggannya itu masuk ke dalam, seorang lelaki dengan sepeda motornya datang menghampiri kendaraan korban. Pelaku sempat memperhatikan keberadaan sekitarnya dengan melihat ke kiri dan kanan.

reporter | dpsilalahi
sumber | spiritriau

Related posts

Leave a Comment