Gubsu Edy Rahmayadi Pantau Pelaksanaan UN SMKN 7 dan Parulian 3 Medan

pelaksanaan ujian nasional SMK

topmetro.news – Gubenur Sumut Edy Rahmayadi memantau pelaksanaan ujian nasional (UN) di SMK Negeri 7 Jalan STM dan SMK Parulian 3 Medan, Senin (16/3/2020).

Edy Rahmayadi didampingi Plt Kadis Pendidikan Sumut Arsyad Lubis melihat suasana pelaksanaan UNBK di dua sekolah tersebut berjalan lancar. Pelaksanaan UNBK di daerah Sumatera Utara berjalan dengan baik meski daerah ini tidak diliburkan sekolah seperti di DKI Jakarta..

Edy Rahmayadi kepada wartawan mengatakan, Dinas Pendidikan Sumut tetap konsisten melakukan ujian nasional. “Kita tidak ikut-ikutan seperti daerah lain. Kalau kita liburkan anak sekolah, pasti banyak jalan ke mall. Artinya, lebih baik kita adakan UN berjalan sesuai jadwal,” ujar Edy menjawab wartawan.

Sementara sebelumnya, Kadis Pendidikan Sumut Arsyad Lubis mengatakan, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2020 digelar lebih cepat dibanding UN 2019. Tahun ini ada 92,168 siswa SMK sederajat yang ikut Ujian Nasional (UN).

Kegiatan UN jenjang SMK/MAK dilaksanakan pada 16, 17, 18, 19 Maret 2020. Sedangkan UN jenjang SMA umum/keagamaan dilaksanakan pada 30 Maret, 31 Maret, 1 sampai 2 April. Sementara untuk jenjang SMP umum/keagamaan dilaksanakan pada 20, 21, 22, dan 23 April 2020.

“Untuk ujian nasional kesetaraan seperti paket C/Ulya dilaksanakan pada 1 sampai 7 April 2020. Kesetaraan paket B/Wustha dilaksanakan pada 19-21 April 2020,” kata Arsyad.

Ujian Susulan

Masih menurut Arsyad, ujian susulan akan diberikan kepada siswa SMK/MAK/SMA umum/keagamaan yang tidak melaksanakan UN pada 16-19 Maret karena suatu hal. Mereka akan diberikan kesempatan untuk mengikuti UN susulan pada 6 dan 7 April 2020.

“Jumlah siswa peserta UN tahun 2020 sebanyak 92,168 siswa. Dengan rincian Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) sebanyak 422 siswa dari peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 91,746 siswa,” kata Arsyad Lubis.

Arsyad menyebut, SMK yang mengikuti UN 956 sekolah. Dengan rincian, sekolah UNPK sebanyak 17 sekolah dari sekolah pelaksana UNBK 939 sekolah. Kata Arsyad, sekolah yang melaksanakan UNPK terdapat di Kabupaten Nias Selatan.

Penyebab ke 17 sekolah tersebut tidak dapat melakukan pelaksanaan UNBK, katanya, karena kondisi geografis daerah yang menyulitkan untuk memperoleh signal internet. Di samping kendala ketersediaan listrik dan sarana komputer yang masih terbatas.

“Panitia UN tingkat Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan LPMP Sumut telah mendistribusikan soal UNKP ke daerah pada 10 Maret 2020. Dan sampai ke panitia UN cabang dinas dituju,” ucap Arsyad.

Siapkan Helpdesk

Selama pelaksanaan UNBK, Panitia UN Dinas Pendidikan Provsu untuk mengantisipasi dan menangani kemungkinan kendala-kendala teknis pada saat sebelum dan saat pelaksanaan UNBK pada 16-19 Maret 2020 telah membentuk ‘helpdesk’ tingkat provinsi dan tingkat kabupaten/kota.

Pembukaan posko UNBK di tingkat provinsi di Kantor Disdik Provsu menjadi bantuan teksnis kepada sekolah-sekolah pelaksana UNBK. Setiap hari dibuka dari jam 07.00-19.00 WIB. Dimulai 13 Maret sampai 22 Maret 2020 untuk SMK.

“Pelayanan permasalahan UNBK di tingkat sekolah akan diberikan berjenjang. Yakni apabila sekolah mengalami persoalan teknis, apabila sekolah tidak dapat mengatasibya dalam waktu 1×30 menit, sekolah dapat melaporkan untuk meminta bantuan ke ‘helpdesk’ kabupaten/kota. Namun jika dalam waktu 1×30 menit permasalahan belum bisa diselesaikan maka bisa melaporkan ke ‘helpdesk’ provinsi,” ujarnya.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment