Data OTK Masuk di KK Warga Aceh Singkil, ini Kata Disdukcapil

Disdukcapil Aceh Singkil

topmetro.news – Terkait adanya data OTK yang masuk ke Kartu Keluarga salah seorang masyarakat, pihak Disdukcapil Aceh Singkil angkat bicara.

Masalah OTK itu langsung dijelaskan Kadisdukcapil Aceh Singkil melalui Kabid Dafduk Rusmin, di ruang kerjanya. Dia mengatakan bahwa persoalan data ganda itu akibat human error.

“Sebelumnya kami sudah meminta maaf atas persoalan tersebut, kepada yang bersangkutan. Memang sering terjadi hal seperti itu dikarenakan kesalahan sistem (human error),” ucap Rasmin, Senin (16/3/2020).

Kesalahan itu, kata dia, memang selalu terjadi karena data di Disdukcapil sistem online. “Kemarin kami sudah datang ke rumahnya, untuk menjelaskan serta meminta maaf. Dan hal itu sudah diterima oleh kelurganya,” tuturnya.

“Kami tidak ada bermaksud apa pun soal adanya data orang lain di KK mereka. Makanya kami pun agak heran kemarin kenapa di datanya ada data orang lain. Setelah kami cek, memang ada kesalahan disitu. Dan saat ini KK-nya sudah kita perbaharui,” imbuhnya.

Keamanan Data Disdukcapil

Sebelumnya, menantu dari yang punya Kartu Keluarga, Syafar, merasa keberatan atas adanya data OTK masuk di KK mertuanya. Dia pun meminta agar Disdukcapil setempat segera minta maaf. Serta menjelaskan mengenai persoalan dimaksud.

BACA JUGA | Data Masyarakat di Disdukcapil Aceh Singkil Diduga tidak Aman

Syafar menanyakan, kenapa orang lain bisa masuk ke KK mertuanya. Sehingga ia menduga data masyarakat Aceh Singkil tidak aman di Disdukcapil.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment