Warga NU dan PKB Batubara Istighosah dan Zikir Bersama

warga Nahdliyin Batubara

topmetro.news – Digagasi oleh Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (NU) dan DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Batubara, secara berjemaah melaksanakan istighosa dan zikir bersama untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindar dari Virus Corona (Covid 19). Dalam acara itu ikut juga segenap warga Nahdliyin di Batubara.

Pelaksanaan istighosa dan zikir kali ini mengambil tempat di dalam ruang lobi utama Sekretariat DPC PKB di Jalinsum Desa Sumber Padi, Kecamatan Limapuluh, Jumat (20/3/2020). Acara dimulai sekira pukul 10.00 WIB dan berakhir sebelum waktu masuk Sholat Jumat.

Pantauan awak media, sebelum berlangsung istighosa dan zikir, Ustazd Drs Muhammad Masrof MPd menyempatkan diri menyampaikan siraman rohani kepada jemaah yang hadir. Dalam tausiahnya, Ustazd Masrof mengingatkan bahwa dalam menghadapi ancaman Virus Corona, hendaknya tetap tenang dengan cara bertawakal kepada Allah.

Sedangkan acara istighosa dan zikir, dipimpin tiga ulama. Yakni Kyai Ahmad Sholeh, Syeikh Abdul Muin, dan Syeikh Abdullah Efendy. Acara ini pun berlangsung selama satu jam. Tampak jemaah zikir yang terdiri dari unsur pimpinan PKB, PC GP Ansor, Banom PKB. Di antaranya DKC Garda Bangsa, DPC Perempuan Bangsa, DPC Gema Saba, IPNU, Banser NU, dan PMII. Mereka begitu khusyuk dan tawaduk.

Virus Corona di Batubara

Usai pelaksanaan istighosa dan zikir, Ketua PC NU Batubara H Bakhtiar Mugaza SPd MHum memberi imbauan, agar masyarakat terutama Kaum Nahdliyin tidak perlu takut secara berlebihan. Apalagi menurut Mugaza, di daerah khususnya Batubara belum terpapar penyebaran Virus Corona.

“Namun semua masyarakat harus tetap waspada dan jangan lalai untuk tetap menjaga kebersihan tubuh. Sholat dan mensucikan beberapa anggota tubuh dengan berwudhu juga cara yang baik guna menjaga diri agar tetap bersih. Manusia itu ciptaan Allah termasuk seperti virus. Ini kan mediumnya sejenis amoeba yang juga merupakan makhluk ciptaanNya. Maka mari segala ketentuan kita serahkan kembali kepada Allah. Sebab Dia lah pengedalinya,” sebut Masraf.

Masih di lokasi yang sama, senada dengan Ketua PC NU Batubara, Zul Irfan Hasibuan menambahkan agar segenap warga masyarakat khususnya di Kabupaten Batubara tidak merasakan kekhawatiran serta ketakutan berlebihan.

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat terutama warga NU agar jangan terlalu panik. Yang terpenting jaga kebersihan, konsumsi vitamin C serta asupan gizi. Yang bertujuan guna meningkatkan ketahan tubuh terhadap penyakit. Dan perbanyaklah kegiatan untuk mendekatkan diri kepada Sang Khalik dengan zikir dan shalawat,” imbaunya.

Reporter | Bima Pasaribu SH

Related posts

Leave a Comment