Warga New Zealand Tewas Ditembak, Simanungkalit Ikut Sasaran

Warga New Zealand

TOPMETRO.NEWS  – Warga New Zealand atas nama  Graeme Thomas Wall (57), dilaporkan tewas tertembak di Kuala Kencana, Kota Timika, Kabupaten Mimika. Selain menewaskan warga New Zealand ini, dua korban ikut jadi sasaran tembak, salah satunya Ucok Simanungkalit.

Warga New Zealand Ditembak, Pelaku Diburu

Polisi menyebutkan penembakan warga New Zealand ini diduga dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Joni Botak.

Warga New Zealand2

2 Orang Terluka, Salahsatunya Ucok Simanungkalit

Menurut Kombes Pol AM Kamal, Kabid Humas Polda Papua sebagaimana disiarkan kumparan, dalam penembakan yang terjadi Senin (30/3/2020), pukul 13.50 WIT itu, juga melukai 2 orang lainnya yakni Jibril MA Bahar, Laki-laki (49) dengan luka tembak di bagian perut sebelah kanan dan paha bagian kanan.

baca artikel Anda | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA WARGA, NKRI UTUH TERJAGA

Korban lainnya dalam penembakan itu adalah Ucok Simanungkalit alias Ucok alias Simanungkalit, laki-laki (52) yang menderita luka pada siku kanan dan punggung belakang.

“Korban saat ini berada di Klinik Kuala Kencana untuk mendapatkan perawatan intensif,” jelas Kamal, Senin (30/3/2020).

Kuala Kencana di Kota Timika, merupakan permukiman dan perkantoran khusus karyawan PT Freeport Indonesia di tengah Kota Timika.

Terjadi di Area PT Freeport Indonesia

Aparat keamanan di Kuala Kencana yang berusaha memburu pelaku penembakan di area perkantoran PT Freeport Indonesia.

baca pula | KABAR DUKACITA..!!! Gempur KKB Papua, Lettu Sidabutar Gugur

Kamal menyebutkan usai melakukan penembakan, KKB Joni Botak melarikan diri kearah hutan sekitar Kuala Kencana.

Sesaat setelah penembakan terjadi, pukul 14.00 WIT, personel gabungan TNI-Polri ke lokasi kejadian dan melakukan pengejaran ke dalam hutan di Kuala Kencana.

8 Pelaku Gunakan Senjata Laras Panjang

Informasi yang didapat sesuai keterangan BumiPapua, kelompok penyerang ada 2 regu dengan jumlah 8 orang yang membawa senjata laras panjang 3 pucuk.

Penyerang menembak di sebelah kanan area parkir Office Building (OB) PT Freeport Indonesia dan area parkir Gereja Betlehem Kuala Kencana.

baca selengkapnya | Tangkis Ancaman KKB, TNI dan Tambang Freeport Indonesia Teken MoU Pengamanan

Seoerti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, perusahaan Tambang Freeport Indonesia (PT Freeport Indonesia) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar Nota Kesepahaman (MoU) dalam hal pengamanan wilayah dan kegiatan Freeport, di Timika, Papua.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilakukan Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Clayton Allen Wenas di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (26/12/2019). Ini sekalian mengantisipasi ancaman dari KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata).

Panglima TNI mengatakan MoU dengan PT Freeport Indonesia dikategorikan sebagai Obyek Vital Nasional yang bersifat strategis. Lokasi usaha tambang Freeport Indonesia berada di daerah sangat terpencil, sulit dan unik di Timika, Papua.

reporter | Dpsilalahi
sumber | BumiPapua-Kumparan

Related posts

Leave a Comment