DPR Ingatkan Pemerintah jangan Berhutang ke Luar Negeri

wabah Corona Virus

topmetro.news – Meningkatnya wabah Corona Virus atau yang disebut dengan Covid-19 di Negara Kesatuan Republik Indonesia, menimbulkan kekhawatiran lain, di samping meningkatnya jumlah korban yang terinfeksi.

Pimpinan DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar mengaku khawatir besarnya anggaran untuk melakukan penanggulangan bencana Covid 19 dan restrukturisasi ekonomi di Indonesia dapat menambah jumlah hutang ke luar negeri. Apalagi bila melihat terbatasnya jumlah anggaran.

“Saya melihat situasi saat ini dengan jumlah anggaran terbatas yang dimiliki Negara Republik Indonesia saat ini justeru akan dapat membuka potensi godaan berhutang kepada luar negeri. Jangan sampai karena besaran hutang membuat Indonesia tidak Merdeka,” kata Muhaimin dalam keterangannya di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.

Memperhatikan hal itu semua, Ketum DPP PKB ini pun berharap pemerintah dapat memiliki solusi logis, cepat dan tepat untuk menutupi kebutuhan anggaran yang besar dalam situasi bencana nasional seperti saat ini.

“Tidak apa-apa negara ini berhutang kepada mereka yang kaya di negeri ini. Intinya dari dalam negeri sendiri. Mari dikumpulkan agar Indonesia dapat merdeka,” tutur Gus Ami biasa pria ini disapa.

Pemerintah Rasional

Politikus dari Dapil Jawa Timur ini juga mengingatkan agar pemerintah punya kebijakan rasional. Maka itu, segala kebijakan mulai anggaran sampai dampak ekonominya harus dipikirkan pemerintah.

Tidak hanya pemerintah, kader PKB diminta oleh Gus Ami agar dapat berperan aktif. Termasuk untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait gaya hidup sehat sampai cara berinteraksi yang wajar.

“Masyarakat harus tetap hidup sehat. Menghindari kegiatan publik yang tidak perlu. Dan aktif menyosialisasikan cara-cara pencegahan Covid-19 melalui media komunikasi, medsos, dan sebagainya,” paparnya.

Tidak hanya pemerintah, Gus Ami pun mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebugaran tubuh dalam menghadapi Virus Corona.

“Pendapat dokter yang hebat, Covid-19 kalau masuk ke dalam badan Anda maka dia bisa mati sendiri, kalau badan Anda dalam keadaan fit. Antibody akan menang!!! Tapi kalau Anda tidak fit maka virus akan menang menyebabkan kita sakit!” katanya.

Jadi, lanjut dia, yang harus dijaga adalah kebugaran badan supaya fit. Seperti olahraga teratur, tidur cukup, mengonsumsi vitamin, makan makanan berserat dan lain-lain.

“Ditambah, tidak boleh rasa takut. Karena kalau kita takut, secara psikologis antibody kita juga akan jadi lemah,” tandasnya.

reporter | Jefry Siregar

Related posts

Leave a Comment