Bupati Karo: Ruang Taman Hijau Dukung Sistem Kekebalan Tubuh Hadapi Covid-19

Ruang Taman Hijau Terbuka

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH sangat mengapreisasi gebrakan Dinas Pertanian Karo yang membuat Ruang Taman Hijau Terbuka di depan Kantor PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). Sehingga menambah kesegaran yang bermuara peningkatan kekebalan tubuh terhadap Covid-19.

“Gebrakan seperti ini patut ditiru OPD lainnya, dengan menumbuhkan kepedulian terhadap ruang taman hijau ini. Hal ini tidak ada dalam RKA (rencana kegiatan anggaran) maupun prioritas program kegiatan,” ujar Bupati Karo Terkelin Brahmana saat berbincang-bincang dengan wartawan, Sabtu (4/5/2020), di Kabanjahe.

Terkelin terlihat menikmati ruang taman hijau tersebut saat mengisi kegiatan aktifitas jogging sembari melihat-lihat kondisi perubahan penataan lingkungan dari ‘before’ dan ‘after’ di Kabanjahe.

“Kegiatan olahraga sembari menikmati keindahan ruang terbuka hijau sangat penting untuk menaikkan daya tahan tubuh (imun). Dan cara itu sangat efektif menangkis penularan Covid-19,” katanya.

Kehadiran Dinas Pertanian dalam melakukan penataan taman tersebut sungguh luar biasa. Memberikan energi positif bagi ASN dan masyarakat untuk lebih santai dalam meningkatkan relaksasi serta dampak psikologis yang memanjakan pengunjung.

Di sisi lahan seluas 1.000 meter itu 30 persennya digunakan untuk ruang terbuka hijau. Perbandingan ini sangat ideal untuk mengembangkan ide lainnya. Sehingga inovasi dan kretaifitas yang dimunculkan oleh Kadis Pertanian, tepat guna.

Di samping itu, bupati mengharapkan Dinas Pertamanan dan Dinas PUPR agar lebih hati-hati dalam memelihara tanaman selanjutnya. Karena Dinas Pertanian sudah menanam pakis hutan.

Pakis Hutan dan Bunga Tasbih

Secara terpisah, Kadis Pertanian Metehsa Purba membenarkan, penataan dan penanaman sejumlah Pohon Pakis Hutan di sekitar ruang taman hijau persis di depan Kantor PKK dan di depan Rumah Dinas Bupati Karo dilakukan hanya sebagai tanggung jawab moral saja.

“Tidak ada unsur lain. Kebetulan Kantor Dinas Pertanian juga berada dekat ruang taman hijau tersebut. Secara moral kita ingin mempercantik suasana RTH dengan biaya anggaran sendiri. Dengan menonjolkan nuansa kehijauan menuju taman tropis,” katanya.

Diharapkan, dengan hadirnya Pohon Pakis Hutan ini, keindahan ruang taman terbuka menciptakan aneka warna bunga. Sebab Bunga Tasbih juga turut ditanam, di sisi tembok berbatasan dengan rumah dinas bupati.

Selain itu, coneblok juga ikut dipasang dekat Kantor PKK. Sehingga Metehsa mengajak seluruh komponen masyarakat dan dinas teknis sama-sama memelihara apa yang sudah ada. Minimal jangan usil, apalagi merusak.

reporter | FP Pinem

Related posts

Leave a Comment