Banyak atau Sedikit: Segini Kekayaan Luhut Panjaitan

Kekayaan Luhut Panjaitan

TOPMETRO.NEWS – Kekayaan Luhut Panjaitan (baca: Luhut Binsar Pandjaitan), selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mungkin tak banyak yang tahu. Nama sosok orang Batak ini seolah kembali jadi sorotan publik setelah dirinya akan menuntut secara hukum Said Didu, mantan Sekretaris Kementerian BUMN.

Kekayaan Luhut Panjaitan Melebihi Para Menteri Lain

Sekadar diketahui Luhut Panjaitan memang wajah lama di pemerintahan. Luhut Panjaitan kembali masuk dalam jajaran menteri kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Dalam Kabinet Indonesia Maju, Luhut ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Di periode keduanya ini, sebagaimana dilaporkan Kompas, Luhut Panjaitan diminta Presiden untuk kembali mengurus masalah kemaritiman dalam rangka Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Selain itu juga mengatasi masalah hambatan-hambatan investasi.

Menduduki kursi menteri memang bukan barang baru bagi pria ini.

Sebelum masuk Kabinet Kerja, Luhut Pandjaitan pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan Tahun 2000 – 2001 manakala Abdurrahman Wahid menjabat Presiden RI 1999 – 2001.

Sebelum menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan, dia menjabat Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura.

Pria yang mengawali karir di kemiliteran ini pada akhir 2014 hingga pertengahan 2015 menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan di era Kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang pertama.

Masuk Kabinet Jokowi Terkaya

Luhut sendiri masuk dalam deretan anggota kabinet Jokowi yang paling kaya.

Mantan tentara ini memiliki bisnis tambang lewat perusahaan yang didirikannya, Toba Sejahtera Group.

Dikutip dari pengumuman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Luhut Panjaitan terakhir kali melaporkan kekayaannya pada 13 Mei 2018.

BACA ARTIKEL | Untung Ada TNI, Bersama Warga, NKRI Utuh Terjaga

Total harta seperti yang dilaporkannya ke LHKPN tercatat sebesar 665.438.752.423. Jika dirinci, hartanya paling besar ditempatkan pada aset tanah dan bangunan sebesar Rp 175.661.024.063.

15 bidang tanah milik Luhut banyak tersebar di Jakarta, Kabupaten Tapanuli Utara, dan Kabupaten Toba Samosir (red, kini Toba).

Diketahui, tak semua tanahnya itu merupakan hasil sendiri, sebagian aset propertinya merupakan warisan.

Sederetan Mobil Mewah

Untuk aset kendaraan, Luhut melaporkan kendaraan termewahnya yakni Lexus Jeep tahun 2014 senilai Rp 2.300.000.000. Mobil mewah lainnya berupa kendaraan Lexus LS 460 AT seharga Rp 1.500.000.000. Untuk kendaraan lainnya antara lain Isuzu Panther LM 25, motor Honda, dan Toyota Alphard.

BACA PULA | Luhut Panjaitan Bahas Danau Toba Bareng Bupati dari Tanah Kelahiran

Luhut juga menempatkan hartanya pada aset berharga yang dilaporkannya senilai Rp 94.163.815.050, kas dan setara kas Rp 151.464.770.653, harta bergerak lainnya Rp 1.690.194.000, dan harta lainnya Rp 227.608.998.657.

SELENGKAPNYA BACA | Luhut Panjaitan: Pemerintah Bangun Danau Toba, Masyarakat Harus Jaga

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, Luhut Pandjaitan meresmikan beroperasinya KMP Ihan Batak di Pelabuhan Ajibata, Toba Samosir.

Kapal ini melayani lintas pelabuhan penyeberangan Ajibata – Ambarita.

“Seperti disampaikan Menhub tadi, ini adalah program pemerintah pusat. Tetapi tidak akan ada artinya kalau masyarakatnya sendiri tidak merespon. Saya ingatkan masyarakat Batak jangan buang sampah dan kotoran lagi di Danau Toba. Karena kalau Danau Toba jorok, wisatawan tidak akan datang lagi. Dan ini tidak sehat untuk generasi mendatang,” ujar Menko Luhut dalam sambutannya.

Reporter | Dpsilalahi
sumber | Kompas
Foto | TribunKaltim/GenPI

BIODATA LUHUT BINSAR PANDJAITAN

Jenderal TNI Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A. adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia pada juli 2016 dan dipilih kembali pada masa Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf Amin periode 2019–2024 sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia. Wikipedia
Lahir: Sumatera Utara, 28 September 1947

Pasangan: Devi Simatupang

Anak: Paulus Panjaitan, Paulina Panjaitan, David Panjaitan, Kerri Panjaitan

Pendidikan: Akademi Militer (1967–1970), Akademi Militer, Universitas George Washington, National Defense University

Ayah-Ibu: Bonar Pandjaitan, Siti Frida Naiborhu

Saudara kandung: Nurmala Kartini Sjahrir

Related posts

Leave a Comment