Tiga Warga Asahan Positif Covid-19, Ini Jumlah Status ODP

Positif Covid-19

topmetro.news – Dua orang warga Kabupaten Asahan berinisial RD dan MPS resmi berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Sedangkan jumlah warga Asahan yang terinfeksi covid-19 sebanyak tiga orang yakni ES, salah seorang anggota DPRD Sumut juga dinyatakan Positif Covid-19 dan istrinya NS. Sedangkan SBB yang juga berstatus sebagai anggota DPRD Sumut juga Positif Covid-19 dan telah meninggal dunia.

Demikian dikatakan juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid 19 Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar Ssos MSi, Kamis (16/4/2020).

Warga Yang Positif Covid-19 Bergejala Demam Tinggi

RD (49) warga Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kota Kisaran Barat ditetapkan sebagai PDP setelah ditemukan dalam kondisi lemah di pinggir jalinsum Sidomukti dengan gejala demam tinggi, batuk dan sesak nafas.

RD melakukan pemeriksaan kesehatannya di Puskesmas Sidodadi dan hasil rapid test , RD negatif. Namun, saat dalam perjalanan pulang ke rumah, kondisi kesehatannya menurun, sehingga RD istirahat di warung pinggir jalinsum. Ketika ditemukan warga, RD terlihat lemas, warga berinisiatif melaporkan ke posko gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Asahan.

Mendapat informasi tersebut, Sekda, Taufik Zainal Abidin langsung bergegas menuju lokasi dan melihat RD lemas. Sekda bergerak menuju posko gugus tugas, ternyata supir ambulance sedang istirahat, Sekda berinisiatif membawa sendiri mobil ambulance bersama tim dokter dengan memakai APD lengkap. Namun, setelah sampai di lokasi, ternyata RD telah dibawa mobil ambulance lain menuju RSUD HAMS Kisaran, Sekda langsung menjenguk RD.

Baca Juga: Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Asahan Perkuat Tim Hingga Kecamatan

“Untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran covid-19, Sekda menginstruksikan melakukan penyemprotan desinfektan di lokasi tempat pasien berada serta kendaraan yang dipakai membawa pasien. Ternyata RD pernah kontak fisik dengan almarhum SBB (anggota DPRD Sumut yang positif covid-19 dan telah meninggal dunia)”, kata Hidayat.

PDP lainnya seorang perempuan berinisial MPS (24) warga Kecamatan Simpang Empat. MPS anak dari ES anggota DPRD Sumut dan terlebih dahulu ditetapkan sebagai PDP. Di tetapkannya MPS sebagai PDP, setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan dengan rapid tes di RSUD HAMS Kisaran. RD dan MPS akan dirujuk ke RS Martha Friska – Medan.

Data terakhir : ODP sebanyak 67 orang, OTG (Orang Tanpa Gejala) 65 orang, PDP 4 orang, positif covid-19 3 orang, meninggal 1 orang. Hidayat mengimbau masyarakat agar tetap disiplin dalam menerapkan pola hidup bersih sehat, cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah beraktifitas, menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekitarnya, memakai masker saat keluar rumah, membatasi kontak fisik, tetap di rumah kecuali kondisi terdesak serta memperbanyak doa. “Kami mohon masyarakat tetap di rumah untuk keluarga dan Indonesia, biar kami diluar untuk anda dan Indonesia”, kata Hidayat.

Reporter l Muhammad Adenan

Related posts

Leave a Comment