Tim Safari Ramadhan Pemkab Asahan Kunjungi Masjid Jami’ Bunut

tim Safari Ramadhan

topmetro.news – Dihari kedua, tim Safari Ramadhan Pemkab Asahan mengunjungi Masjid Jami’ Lingkungan I Kelurahan Bunut Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kamis (30/4/2020).

Ketua BKM Jami’, Suhendra mengucapkan selamat datang kepada tim safari Ramadhan Pemkab Asahan.  Masyarakat Bunut sangat antusias melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya. Masyarakat siap mengikuti imbauan pemerintah dalam pencegahan virus covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Kabid PD BPKAD, Asrul Wahid MSi mewakili Bupati Asahan menyerahkan bantuan kepada BKM Jami’ berupa 1 buah jam digital penunjuk waktu sholat dan sejumlah bantuan uang tunai.

Imbauan Tim Safari Ramadhan

Asrul Wahid saat membacakan pidato tertulis Bupati Asahan, H. Surya BSc mengatakan pelaksanaan Safari Ramadhan tahun 1441 H ini agak sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Kali ini safari ramadhan dilaksanakan usai shalat Dzuhur tanpa sholat taraweh dengan jumlah jamaah tidak lebih dari 20 orang untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Sementara Safari Ramadhan sebelumnya dilaksanakan setelah sholat Isya dan melaksanakan shalat tarawih dengan jumlah jamaah tidak dibatasi.

Asrul Wahid mengimbau kepada BKM agar dalam melaksanakan ibadah diharapkan mengikuti protokol kesehatan pencegahan covid-19 seperti, mensterilkan lantai (mengepel), jamaah memakai masker, menyiapkan tempat cuci tangan, tidak bersentuhan, tidak menggunakan karpet. Jamaah juga diharapkan membawa sajadah sendiri. Orang yang berstatus OTG, PDP, PDP dilarang mengikuti sholat berjamaah di Masjid/lapangan.

Mempersingkat waktu pelaksanaan sholat tarawih dengan tidak mengabaikan rukun dan syarat dan setelah usai sholat tarawih diharapkan segera pulang ke rumah untuk melaksanakan tadarus dan amaliah lainnya. BKM diimbau untuk selalu memantau jamaah sholat tarawih yang datang dari luar daerah guna menghindari penyebaran covid-19.

BKM dalam menyediakan menu berbuka dalam bentuk kemasan, jaga kebersihan, kesehatan dan tidak menerima jaburan. Umat Islam senantiasa membantu masyarakat yang kurang mampu, meningkatkan infaq, wakaf, sedekah dan menyegerakan pembayaran zakat mal, zakat fitrah di awal Ramadhan. Seandainya ada, diharapkan masyarakat untuk tidak menolak jenazah suspect covid-19 yang akan dimakamkan di tempat pemakaman umum setempat.

Pelaksanaan sholat Idul Fitri dianjurkan di lapangan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi dengan mengikuti protokol covid-19. Tidak melakukan mudik atau bepergian ke luar kota. Apabila ada jamaah yang terganggu kesehatannya, maka BKM segera menghubungi gugus tugas covid-19 Kabupaten Asahan. Bisa menghubungi di nomor 0811-6796-119 atau (0623) 347-924 atau petugas kesehatan setempat.

Tausiyah

Ustadz Raja Dedy Hermansyah MM dalam tausiyahnya mengajak seluruh jamaah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Mari melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainnya dengan penuh kesabaran dan keikhlasan dengan mematuhi imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

“Kita jangan saling menyalahkan. Tetapi marilah kita saling mendukung dan bergandengan tangan dalam memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19 khusus di Asahan,” kata Raja Dedy di depan tim Safari Ramadhan.

Tampak hadir mewakili Bupati Asahan, Asrul Wahid MM. Ketua BKM Jami’ Suhendra, Ustadz Raja Dedy Hermansyah MM, Lurah Bunut, Juli dan jamaah.

Reporter | Muhammad Adenan

Related posts

Leave a Comment