Bank Sumut Catat Aset Rp33,8 Triliun per Maret 2020

aset Bank Sumut

topmetro.news – Di tengah situasi saat pandemi Virus Corona (Covid-19), Bank Sumut masih mencatatkan kinerja positif. Per Maret 2020 tercatat aset Bank Sumut sebesar Rp33,8 triliun.

“Dana pihak ketiga Rp27,3 triliun dan kredit sebesar Rp23,7 triliun. Ada pun laba bersih Bank Sumut sebesar Rp137,2 miliar. Atau mencapai 104,46% dari target yang direncanakan per Maret 2020,” ujar Dirut PT Bank Sumut Muchammad Budi Utomo, kepada wartawan, Jumat (8/5/ 2020).

Seluruh pencapaian Bank Sumut di atas, menurut Budi Utomo, tentunya tidak lepas dari dukungan media yang terus berkontribusi menciptakan pemberitaan positif, berimbang dan membangun tentang Bank Sumut.

“Sebagai Bank daerah kebanggaan masyakarat Sumatera Utara, tentunya Bank Sumut juga turut tergerak untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi pandemic Covid-19,” ujar Budi Utomo.

Kontribusi Bank Sumut

Diketahui kontribusi yang telah disampaikan Bank Sumut antara lain: 7.500 masker kepada seluruh puskesmas dan puskesmas pembantu (pustu) se-Kota Medan. Lalu 21 tangki air pencuci tangan ke kecamatan-kecamatan di Kota Medan. Serta APD kepada empat rumah sakit rujukan Covid-19 di Sumatera Utara.

Kemudian, bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 melalui Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Sumut. Kerjasama dengan PMI untuk penyemprotan rumah penduduk dengan disinfektan. Bantuan sembako kepada pedagang, penyapu jalan, dan masyarakat miskin melalui Rukun Wanita Bank Sumut. Serta berbagai bantuan lainnya yang juga diberikan melalui unit-unit Kantor Bank Sumut di wilayah Sumatera Utara.

“Total bantuan yang telah disalurkan Bank Sumut termasuk melalui dana yang dihimpun kepada masyarakat melalui rekening ‘Sumut Peduli’ sampai saat ini sekira Rp417 juta,” terang Budi Utomo.

Masih Budi Utomo, Bank Sumut tercatat sebagai satu-satunya perbankan yang peduli dan empati pada satwa dilindungi yang terdampak Covid-19 di Kebun Binatang Kota Medan. Selain itu, Bank Sumut juga ikut memberikan perhatian dan bantuan kepada para karyawan Kebun Binatang Medan.

Langkah Strategis

Sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam memerangi Covid-19, kata Budi Utomo, Bank Sumut juga telah melakukan berbagai langkah-langkah strategis dalam operasional perbankan. Pertama, kata Budi Utomo, melakukan penerapan kewajiban penggunaan masker dan pengecekan suhu tubuh kepada seluruh orang yang akan memasuki gedung Bank Sumut. Termasuk juga penerapan ‘physical distancing’ dengan pembatasan jarak antrean ruang tunggu banking hall Bank Sumut.

Kedua, penyediaan hand sanitizer, sterilization room, dan penyemprotan disinfektan secara rutin di seluruh unit Kantor Bank Sumut. Terakhir, penerapan ‘work from home’ (WFH) bagi sebagian pegawai. Serta penyesuaian jam layanan operasional kantor, termasuk menutup sementara beberapa layanan unit kantor dan memindahkannya ke unit kantor lain, sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19.

Bank Sumut juga mengimbau kepada nasabah agar lebih memanfaatkan layanan Sumut Mobile Bank Sumut, fitur-fitur transaksi yang telah tersedia. Antara lain cek saldo, transfer, pembelian pulsa dan pembayaran, yang semuanya dapat dilakukan nasabah cukup dengan #DiRumahAja.

“Sebagai bentuk kepedulian Bank Sumut terhadap nasabah debitur yang usahanya terkena dampak Covid-19, saat ini jumlah debitur yang dalam proses pemberian relaksasi kredit sebanyak 7.909 account. Dengan nilai sebesar Rp1,3 triliun,” beber Budi Utomo.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment