Pasien Malaria Reaktif Covid-19 di Rujuk ke RS Martha Friska Medan

positif covid-19

topmetro.news – Seorang pria penderita malaria dinyatakan reaktif covid-19 setelah dilakukan rapid test dan dinyatakan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan akan dirujuk ke RS Martha Friska Medan. Demikian press release juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Asahan, H Rahmat Hidyat Siregar SSos MSi, Jum’at (8/5/2020).

Kadis Kominfo Asahan ini menjelaskan bahwa pasien berinisial JW (42) warga Kota Kisaran – Asahan. Pasien sebelumnya menjalani perawatan di RSUD HAMS Kisaran dengan diagnosa malaria, namun karena disertai gejala sesak nafas dan batuk. Sehingga dilakukan rapid tes dan setatusnya ditingkatkan menajdi PDP. Hari ini juga akan kita rujuk ke RS Martha Friska – Medan untuk perawatan dan pemeriksaan lanjutan.

Lebih lanjut, Hidayat mengatakan hasil rapid tes tidak bisa jadi pegangan, namun hanya deteksi dini, sehingga untuk memastikan akan dilakukan uji swab. Petugas masih melakukan pemeriksaan lanjutan dengan mendatangi pihak keluarga, sekaligus pemeriksaan kesehatan kepada yang orang orang yang pernah malakukan kontak  fisik dengan pasien.

Disinggung rapid tes yang digunakan, Hidayat mengakui ada yang berasal dari Cina, Amerika dan negara lainnya yang memproduksinya. Karena pihaknya disamping pengadaan sendiri dari Dinas Kesehatan, Pemerintah Provinsi dan para donatur.

Baca Juga: Bupati Asahan Terima APD dari PT Socfindo Perkebunan Aek Loba

“Perlu saya tekankan, rapid tes bukanlah penentu pasien positif atau negatif. Namun hanya untuk mengetahui keadaan pasien terpapar virus atau tidak dan sebagai deteksi dini. Untuk memastikannya harus dilakukan uji swab,” kata Hidayat.

Data terakhir covid-19 di Asahan : ODP sebanyak 10 orang, PDP sebanyak 1 orang , positif sebanyak 4 orang (1 orang masih dalam perawatan di RS Martha Friska – Medan, 2 orang sembuh dan 1 orang meninggal dunia).

Reporter | Muhammad Adenan

Related posts

Leave a Comment