H Oyon Menyempatkan Diri Memberi Bantuan kepada Korban Kebakaran

korban kebakaran di Kecamatan Singkil

topmetro.news – Selain membagikan zakat kepada masyarakat Kecamatan Singkil dan Singkil Utara, H Safriadi (Oyon) dan keluarga juga menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran yang terjadi beberapa bulan lalu di Desa Ujung Kecamatan Singkil.

Bantuan langsung diserahkan oleh orang yang pernah menjadi petinggi nomor satu di Aceh Singkil ini setelah berbuka puasa di Desa Pulo Sarok. Bantuan sembako itu diterima langsung salah seorang warga korban kebakaran di Kecamatan Singkil itu, yaitu Jailani.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pak Oyon yang telah menyempatkan waktu dan niat ikhlasnya memberikan bantuan kepada kami,” ucap Zailani, Senin (11/5/2020).

“Ternyata Pak Oyon masih ingat kepada masyarakat. Padahal tidak lagi menjadi bupati. Dan itu sangat membuat saya terharu. Semoga Bapak Safriadi Oyon dimurahkan rezekinya dan diberkahi oleh Allah umur,” pinta Zailani lagi.

Menurut Zailani, bantuan tersebut sangat berharga bagi mereka. Apalagi dalam hal sulit saat ini, mengingat wabah Covid 19 serta dalam melaksanakan ibadah puasa. “Yang memaksakan para masyarakat harus mengurangi aktivitas di luar rumah agar terhindar dari wabah ini,” katanya.

Sementara itu, Safriadi sempat menyampaikan beberapa patah kata yang intinya salah satu tujuan membantu, yaitu peduli sesama Umat Islam. Dan apa lagi sekarang ini, sedang marak Covid-19.

“Ini adalah kewajiban kita sebagai saudara yang harus kita laksanakan membantu sesama untuk meringankan beban hidup mereka,” ucap Safriadi.

Empati Safriadi Oyon

Dani, salah seorang tokoh muda Desa Ujung, dalam pandangannya mengenai kebaikan yang dilakukan H Safriadi mengatakan, altruisme murni berakar pada empati.

“Empati digambarkan sebagai kemampuan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Tetapi dalam arti terdalamnya, empati adalah kemampuan untuk merasakan (bukan hanya untuk membayangkan) apa yang orang lain alami,” katanya.

“Alhamdulillah. Di tengah Pandemi Covid-19 ini, Beliau (Safriadi-red), menyempatkan diri untuk membantu sesama yang dilakukan setiap tahunnya. Menurut empati saya, Pak H Syafriadi Manik turut meringankan beban sesama di tengah Pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini,” ucap Dani.

“Bukan hanya untuk membayangkan apa yang dirasakan orang lain. Akan tetapi Beliau turut merasakan dan ikut membantu meringankan beban masyarakat,” masih kata dia.

Dani menambahkan, bahwa mungkin sedikit banyaknya ada yang berempati bahwa itu pencitraan. “Mudah-mudahan empati itu tidak benar,” sebutnya.

“Kegiatan yang biasa dilakukan Beliau setiap tahun, sedikit banyaknya dapat meringankan beban masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan tersebut. Bukan dari banyak dan nilai yang diberikan. Akan tetapi bantuan Beliau dapat meringankan beban masyarakat di tengah Pandemi Covid-19 ini,” paparnya.

Dia pun berharap, semoga bukan hanya H Syafriadi Manik yang melakukan kegiatan seperti ini di Aceh Singkil. “Semoga orang lain bisa termotivasi dengan kegiatan seperti ini. Terkhusus ekonominya yang lebih, agar dapat memperhatikan sesama yang membutuhkan,” jelas Dani.

Sebelumnya H Safriadi Oyon membagikan ratusan paket sembako di SPBU miliknya. Juga menyerahkan paket ke dua desa di ujung kecamatan yang dimana harus menempuh desa yang sedang dilanda banjir.

Sedikitnya setiap tahunnya memasuki bulan puasa, Keluarga Besar H Oyon tetap mengeluarkan zakat fitrahnya kepada ribuan masyarakat Aceh Singkil yang dibagikan langsung olehnya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment