Jangan Gegabah Buka Sekolah di Masa Pandemi Covid-19

Jangan gegabah buka sekolah

TOPMETRO.NEWS – Jangan gegabah buka sekolah ketika Corona belum tuntas. Artinya, pemerintah diminta tidak gegabah memutuskan dimulainya kembali pembelajaran tatap muka. Setidaknya hal ini disampaikan Ferdiansyah, anggota Komisi X DPR RI menanggapi rencana kembali dibukanya sekolah di tengah pandemi covid-19. Jika ada daerah yang sudah siap, pelaksanaannya harus bertahap.

Jangan Gegabah Buka Sekolah, Sebaiknya Bertahap

“Jangan gegabah memutuskan untuk membuka sekolah di masa pandemi Covid-19. Kalaupun akan dilakukan, sebaiknya secara bertahap,” kata Ferdiansyah, anggota Komisi X DPR RI, Senin (1/6/2020).

Dia mencontohkan, sekolah yang berada di zona hijau bisa kembali memulai pembelajaran tatap muka tetapi harus memenuhi syarat sesuai protokol kesehatan.

Maksimal 20 Orang

Itu pun jumlah siswa dalam satu kelas tidak boleh terlalu banyak.

Maksimal 20 orang. Sedangkan sekolah di zona merah dan kuning, tidak dulu dibuka saat ini.

Sekolah yang akan menerapkan pembelajaran tatap muka harus memerhatikan keberadaan wastafel, sabun pencuci tangan, kebersihan kelas dan sekolah lewat penyemprotan disinfektan, serta prosedur tanggap Covid-19 lainnya.

Menyangkut Nyawa Manusia

“Intinya Kemendikbud harus melakukan konsultasi dan koordinasi sama gugus kendali Covid-19, Kemenkes, pemda baik provinsi, kab/kota, pamangku kepentingan. Teknisnya tentu akan ada perbedaan di antara daerah dikarenakan situasi dan kondisi yang berbeda. Selain itu juga harus memperhatikan karakter berdasarkan jalur, jenjang, dan jenis pendidikan,” bebernya.

artikel untuk Anda | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA WARGA, NKRI UTUH TERJAGA

Dia kembali menegaskan, pembukaan sekolah di tengah pandemi Covid-19 bukan hal mudah karena menyangkut nyawa manusia. Apalagi untuk siswa jenjang pendidikan dasar maupun menengah masih banyak yang belum paham tentang physical distancing.

BACA SELENGKAPNYA | Lyodra Ginting Hijrah ke Jakarta, Sekolahnya Bagaimana?

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, Lyodra Ginting hijrah ke Jakarta.

Ini lantaran dirinya terus dipadati jadwal di dunia hiburan. Terlebih setelah dirinya dinobatkan sebagai pemenang Indonesian Idol X. Penyanyi 16 tahun itu harus melakoni berbagai macam kegiatan, mulai dari promo single, konser hingga mengisi sejumlah acara televisi.

sumber/sumber  | jpnn/smpn56surabaya

Related posts

Leave a Comment