Seorang Warga Tangsel Positif Covid-19 di Madina

positif Covid di Madina

topmetro.news – Seorang warga Tangerang Selatan Kabupaten Banten Provinsi Jawa Barat ARL (55), dinyatakan positif Covid-19 saat berada di Madina. ARL pulang kampung untuk melayat orangtuanya yang meninggal di Desa Muara Soro Kecamatan Kotanopan Madina.

Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution didampingi Kadis Kesehatan dr Syarifuddin Nasution, Kadis Kominfo Drs Sahnan Pasaribu dan staf ahli Mukhtar Afandi Lubis SSos saat dikonfirmasi media, Jumat (5/6/2020) menjelaskan, bahwa ARL mempunyai riwayat perjalanan dari Kota Tangerang Selatan.

Dia datang ke Madina untuk melayat ibunya yang meninggal dunia di Desa Muara Soro Kecamatan Kotanopan. ARL tiba di Desa Muara Soro tempat tinggal orangtuanya itu pada tanggal 19 Mei 2020.

Dan, sewaktu ingin kembali ke Tangerang Selatan, ARL mengambil surat keterangan bebas Covid-19 ke Puskesmas Kotanopan. Setelah dilakukan pemeriksaan, hasilnya ARL terindikasi Covid-19. Lalu, oleh petugas medis ia dirujuk ke RSU Panyabungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Hasil pemeriksaan rapid test ARL dinyatakan reaktif. Selanjutnya dia dirujuk ke RSU Martha Friska Medan. Kemudian saat diambil sampel swab dilakukan pemeriksaan PCR, hasilnya positif Covid-19,” paparnya.

OTG Covid-19

Lanjut bupati, ARL tergolong yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Karena dia tidak ada mengalami gejala seperti PDP. “Setelah menerima hasil swab barulah kita ketahui ternyata Beliau positif Covid-19,” katanya.

Setelah mengetahui itu, kemudian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Madina melakukan pemeriksaan rapid test kepada keluarga dekat ARL selama berada di Desa Muara Soro Kotanopan. Dan terhitung mulai tanggal 19 Mei sudah ada 150 orang yang sudah dilakukan pemeriksaan.

“Mengetahui itu, kita telah bergerak cepat. Dan Tim Gugus Tugas langsung melakukan pemeriksaan pada kerabatnya dan yang kontak langsung. Berkisar 150 orang sudah diperiksa. Hasilnya ada 27 orang terindikasi OTG yang pernah kontak langsung dengan pasien dan sudah dilakukan isolasi. Tim Gugus Tugas sudah melakukan penanganan di Desa Muasa Soro dengan melakukan penyemprotan disinfektan. Serta petugas medis kita langsung melakukan penanganan intensif disana,” paparnya.

Drs H Dahlan Hasan juga mengimbau agar seluruh warga yang merasa ada merasakan gejala atau datang ke Madina, supaya secara sadar diri dan ikhlas melaporkan dirinya. Sehingga bisa dilakukan isolasi mandiri demi menjaga Kabupaten Madina bebas dari wabah Covid-19.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment