Kajati, Kapolda, Gubsu, dan Kepala BPKP Sumut Tandatangani MoU

MoU penanganan Covid

topmetro.news – Kajati Sumut Dr Amir Yanto, Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin, Gubsu Edy Rahmayadi serta Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumut Yono Andi Atmoko, akhirnya menandatangani MoU untuk mengawal keuangan percepatan penanganan Covid-19 agar tepat sasaran.

Nota kesepahaman Pendampingan Hukum, Pengawalan dan Pengawasan Keuangan Percepatan Penanganan Covid 19, Jumat (5/6/2020), di Aula Pendopo Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman Medan tersebut, menurut Kajati, sebagai langkah preventif. Serta memberikan ketenangan kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Sumut dalam menjalankan misi kemanusiaanya.

“Kehadiran kejaksaan dan kepolisian juga untuk pendampingan hukum. Kita ada Asdatun Mangisi Situmeang sebagai koordinatornya. Untuk pengamanan ada Asintel Andi Murji. Dengan penandatanganan nota kesepahaman ini diharapkan misi percepatan penanganan Covid-19 bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin menegaskan, bahwa penandatanganan MoU adalah legalitas formal yang berkaitan dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Ke depan diharapkan agar apa yang telah diprogramkan bisa berjalan sebagaimana mestinya dan tepat sasaran.

Selanjutnya Kepala Perwakilan BPKP Sumut Yono Andi Atmoko menambahkan, penandatanganan MoU tersebut adalah salah satu bentuk kerjasama yang erat antar-lembaga. “Kami dari BPKP menjaga tata pola dalam pengendalian anggaran dan keuangan. Bekerjasama dengan unsur kejaksaan, kepolisian dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 di Sumut,” pungkasnya.

Rp1,5 Triliun untuk Covid-19

Dalam kesempatan tersebut Gubsu Edy Rahmayadi menyampaikan bahwa anggaran yang direncanakan untuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumut mencapai Rp1,5 triliun. Tahap I hingga III masing-masing Rp500 miliar.

“Dalam pemanfaatan anggaran dan realisasi dari program bantuan kepada masyarakat pada awalnya kita anggap mudah. Tapi pada pelaksanaan di lapangan masih sangat jauh dari harapan,” kata Edy.

Gubsu juga berharap Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bisa berjalan sebagaimana mestinya dan tepat sasaran.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment