Rekomendasi LKPj Bupati Samosir TA 2019 Diterima dan Disahkan

Rekomendasi LKPj Bupati Samosir

topmetro.news – Rekomendasi LKPj Bupati Samosir Tahun Anggaran 2019 akhirnya diterima dan disahkan oleh DPRD Kabupaten Samosir.

Hal tersebut tertuang pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Samosir Dalam Rangka Penyampaian Keputusan DPRD Kabupaten Samosir Tentang Rekomendasi DPRD Kabupaten Samosir Atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Samosir Tahun Anggaran 2019. Digelar di Ruang Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Samosir, Pangururan, Jumat (19/6/2020).

Rapat dibuka Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba dan Wakil Ketua Nasib Simbolon. Turut hadir Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM, unsur Forkopimda, Sekdakab Samosir, para asisten, pimpinan OPD, parpol, LSM dan insan pers.

LKPj Bupati merupakan laporan yang disampaikan kepada DPRD setiap tahun dalam sidang paripurna. Dimulai dari penyampaian LKPJ oleh Bupati Samosir pada Rapat Paripurna Istimewa tanggal 2 Juni 2020 lalu. Dilanjutkan dengan kunjungan kerja lapangan oleh Tim Gabungan Komisi, Rapat Kerja Komisi Gabungan dengan para SKPD se-Kabupaten Samosir, pendapat akhir fraksi, dan akhirnya pengambilan keputusan serta penyampaian keputusan oleh DPRD Samosir.

Rapat paripurna diawali Laporan Gabungan Komisi DPRD Samosir. Hal ini dalam rangka Pengambilan Keputusan DPRD Samosir atas LKPJ Bupati Samosir TA 2019. Laporan gabungan komisi ini adalah hasil dari pembahasan seluruh komisi dengan SKPD di Pemkab Samosir. Ada 108 poin rekomendasi yang bersifat konstruktif yang menjadi perhatian dan perlu untuk ditindaklanjuti Bupati Samosir untuk penyelenggaraan Pemkab Samosir di masa yang akan datang.

Tahapan Paripurna

Rapat paripurna dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama pengambilan keputusan DPRD Samosir. Tahap ini diisi laporan gabungan komisi dan penyampaian pendapat akhir Fraksi DPRD tentang rekomendasi atas LKPj Bupati Samosir akhir TA 2019. Setelah melalui tahap pertama, akhirnya DPRD Samosir mengesahkan dan menerima rekomendasi atas LKPj Bupati Samosir TA 2019.

Rapidin Simbolon dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD Samosir. Dimana dalam masa Pandemi Covid-19 dan memasuki tahapan normal baru, dapat menyelesaikan seluruh rangkaian pembahasan LKPj dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Bupati Samosir mengatakan bahwa segala saran dan masukan yang disampaikan DPRD Samosir adalah pemikiran dan ide bersifat konstruktif dan berharga. “Dalam upaya kita bersama untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat menuju Kabupaten Samosir yang lebih baik dan sejahtera. Dengan harapan dapat kita terapkan melalui evaluasi dan penyempurnaan atas berbagai kelemahan dan kekurangan tersebut,” urainya.

Lebih lanjut Bupati sangat mengapresiasi dan menghargai seluruh rekomendasi DPRD Samosir. Yang kemudian akan menjadi bahan penyusunan perencanaan dan anggaran pada tahun berjalan dan tahun berikutnya serta dasar penyusunan strategis.

“Dengan hati yang tulus dan ikhlas, kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Samosir. Dan semua pihak yang telah memberi dukungan terhadap pelaksanan pembangunan pada tahun 2019 yang lalu. Dan mengakhiri sambutan ini ijinkan kami mengajak kita semua dalam memasuki tatanan normal baru untuk mempersiapkan diri dengan selalu memperhatikan standard operasional prosedur (SOP) yang saat ini sedang dirumuskan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir,” tutup Bupati Samosir.

reporter | TIM

Related posts

Leave a Comment