Bupati Karo Instruksikan Dinas PUPR Bersihkan Timbunan Sabodam di Sukatendel

sabodam tertimbun tanah

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH menginstruksikan kepada Dinas PUPR segera bersihkan dan normalisasi sabodam yang tertimbun tanah dan material batu. Hal itu guna mengantisipasi datangnya hujan dan lahar dingin menerjang hulu lereng Gunung Sinabung.

Hal itu diungkapkan Bupati Karo didampingi Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi MSi kepada Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga saat melakukan peninjauan sabodam yang tertimbun tanah dan kerikil, Jumat (26/6/2020), di Desa Sukatendel Kecamatan Tiga Nderket.

Turut hadir dalam peninjauan itu, Kabag Umum dan Perlengkapan Hotman Brahmana, Kabid Bina Marga Hendra Mitcon Purba, Sekcam Tiga Nderket Amri Ginting, Danramil 06/Payung Kapten Inf K Kista, Kapolsek Tiga Nderket AKP J Bangun, Kepala Desa Sukatendel Dewanto Peranginangin, dan tokoh masyarakat Thomas Joverson Ginting.

“Tanah material campur batu ini harus segera dibersihkan. Teknisnya, bicarakan dengan kepdes dan tokoh masyrakat disini. Sebab sabodam ini harus bisa berfungsi. Jika tidak, akan membahayakan bagi penduduk sekitar,” tegas Terkelin.

Harapan Kades Sukatendel

Sementara Kepdes Dewanto Peranginangin dan tokoh masyarakat Sukatendel Maslan Sukatendel sangat berharap agar material tanah dan kerikil yang berada dalam jalur aliran sabodam, segera diangkut. Itu guna mengantisipadi datangnya lahar Sinabung secara tiba-tiba.

Menanggapi instruksi Bupati Karo, Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga berjanji secepatnya berkoordinasi dengan perangkat desa dan masyarakat Sukatendel, untuk membersihkan Sabodam.

“Kita harus fokus kepada normalisasi Sabodam dan harus dengan gerak cepat. Sebab kita tidak inginkan datangnya lahar susulan menerjang kawasan ini. Kita lebih baik menjaga daripada kecolongan,” ujar Sinulingga.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment