Pemerintah Bentuk INAFOC Sebagai Panitia Piala Dunia U-20 2021

piala dunia u-20

topmetro.news – Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga), Zainudin Amali, membawa kabar baik dari kepulangannya mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi. Rapat itu dihadiri Menteri Koordinator Pembangungan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, dan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020). Pada pertemuan yang membahas persiapan Piala Dunia U-20 2021 itu. Untuk itu, pemerintah membentuk kepanitiaan untuk Piala Dunia U-20 yang bernama INAFOC.

“Saya ingin menyampaikan hasil rapat internal terbatas kabinet yang dipimpin oleh Bapak Presiden di Istana Negara yang membahas tentang persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Keputusan pertama, karena seluruh pembiayaan melalui APBN, maka untuk kepanitiaan penyelenggaraan ada unsur dari pemerintah,” kata Zainudin saat konferensi pers di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta, pada Rabu (1/7/2020) sore WIB.

“Maka dari itu, kami membentuk INAFOC dan keputusan pada rapat tadi, INAFOC langsung dipimpin oleh menteri yang membidangi, yaitu Menpora,” imbuh Zainudin.

Menpora Pimpin INAFOC Sebagai Panitia Piala Dunia U-20

Zainudin menambahkan, sebagai pemimpin INAFOC, ia berbagi pekerjaan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan. Basuki bertugas untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur untuk ajang tersebut. Dengan Iriawan, berkonsentrasi terhadap prestasi Timnas Indonesia U-20. “Infrastruktur itu ditangani oleh Menteri PUPR dan persiapan untuk prestasi Timnas Indonesia di bawah tanggung jawab langsung oleh Ketua PSSI,” tutur Zainudin.

Mengenai kepengurusan INAFOC sebagai panitia Piala Dunia U-20, Zainudin akan menentukannya di lain waktu setelah Jokowi menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) kepanitiaan untuk Piala Dunia U-20 2021 tersebut. Pria asal Gorontalo itu bakal melibatkan banyak pihak, termasuk PSSI untuk bekerja sama di INAFOC.

“Susunannya akan dirapatkan. Nanti saya akan keluarkan Surat Keputusan yang didahului oleh Keppres. Baru kami akan umumkan. Semua pasti akan kami libatkan. Semua lembaga. Karena ini menyangkut APB. Jadi bukan berarti Menpora jadi ketuanya, panitianya diisi oleh Kemenpora semua. Tentu tidak. Nanti juga ada ahli di bidangnya. Kami juga akan menggandeng TNI, Polri, dan semua unsur,” jelas Zainudin.

Baca Juga : Ini Dia! PSSI Rilis Profil 6 Stadion Piala Dunia U-20 di Indonesia Tahun 2021

Menpora Zainudin Amali menjadi keynote speaker sekaligus Kick Off Kuliah Kewirausahaan Pemuda secara webinar dari Sitroom Lantai 9 Graha Pemuda Senayan Jakarta Pusat, Selasa (30/6) siang.
Piala Dunia U-20 2021 rencananya akan berlangsung pada 20 Mei-12 Juni tahun depan. PSSI telah mengerucutkan enam dari sebelas stadion yang diproyeksikan sebagai tuan rumah.

Keenam stadion tersebut meliputi Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Stadion Manahan, Solo, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. PSSI mengaku telah melaporkan penetapan enam stadion tersebut kepada FIFA dan Kemen PUPR. Akan tetapi, keputusan final tetap ada di tangan FIFA.(TMN)

sumber:bola.com

Related posts

Leave a Comment