Konsisten Melakukan Protokol Kesehatan untuk Kebaikan Bersama di Samosir

konsisten melakukan protokol kesehatan

topmetro.news – Mencermati belum ada tanda-tanda penurunan penularan Covid-19 di Tanah Air, GTPP Covid-19 Samosir meminta seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa mengupayakan kebaikan bersama dengan konsisten melakukan protokol kesehatan ketika berada di luar rumah.

Demikian disampaikan Kadis Kominfo Samosir Rohani Bakkara, Sabtu (11/7/2020).

“Makna kebaikan bersama di sini adalah kehidupan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru dengan pakai masker, cuci tangan sesering mungkin di air mengalir, jaga jarak, hindari kerumunan, dan tetap beraktivitas. Jika ini dilakukan, maka kebaikan bersama yaitu terhindarnya masyarakat dari infeksi Covid-19. Saat ini, itulah tujuan kolektif kita,” kata Rohani.

Disebutkan, GTPP Covid-19 Samosir telah menjaga pintu-pintu masuk ke Samosir melalui jalur darat dan danau. Termasuk dengan memulangkan para pelaku perjalanan ke Samosir yang tidak memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan, yaitu pedoman normal baru.

Tanggung Jawab Bersama

Masyarakat Samosir, kata dia, dihadapkan dua kenyataan, yaitu tetap beraktivitas dan mencegah Covid-19 agar tidak menginfeksi. Pilihan utama adalah penerapan protokol kesehatan secara konsisten dengan determinasi yang tinggi.

“Jika kita melihat orang-orang di luar rumah tidak menggunakan masker, maka kita punya tanggung jawab untuk mengingatkan mereka untuk menggunakan masker. Jika kita belum ada fasilitas cuci tangan dengan sabun di ruang publik, maka kita punya tanggung jawab sosial untuk menyediakannya. Sejauh ini, fasilitas itu telah disediakan oleh GTPP Covid-19 Samosir didukung oleh entitas dan pribadi peduli Covid-19 di Samosir. Dan jika kita berada di kerumunan, kita juga mempunyai tanggung jawab untuk melakukan penjarakan sosial,” katanya.

“Kebaikan bersama apa yang dapat kita upayakan di tengah-tengah angka ratusan infeksi Covid-19 di Sumatera Utara per hari saat ini? Kita dapat mengupayakannya dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Dan menjaga pintu-pintu masuk ke Samosir sesuai dengan SOP yang telah dikeluarkan,” sambung Rohani.

“Kebaikan bersama ini juga kita minta kepada Allah Semesta Alam agar kita diberi kekuatan, hikmat, dan kasih satu sama lain untuk menjaga Samosir bebas infeksi Covid-19 pada hari-hari yang akan datang. Mari ciptakan kebaikan bersama dalam perkataan dan tindakan kita menjalani hidup pada masa-masa sulit ini. Dan kita pun dikuatkan menatap hari-hari bebas Covid-19 pada hari-hari mendatang bebas Covid-19. Terima kasih,” tutupnya.

Info Covid-19

Sementara informasi Covid-19, hingga Hari Sabtu (11/7/2020), untuk nasional, positif 1.671 orang (74.018). Sembuh 1.190 orang (34.719) dan meninggal dunia 66 orang (3.535). Untuk Provinsi Sumatera Utara, positif 112 orang (2.197). Sembuh 12 orang (526) dan meninggal dunia 1 orang (116).

Khusus Kabupaten Samosir, Orang Dalam Pemantauan (ODP) nihil. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) nihil. Positif 1 orang, sembuh nihil, meninggal dunia nihil.

sumber | Kominfo Samosir

Related posts

Leave a Comment