DPRD Samosir Kunjungi Penenun Ulos di Muara Tapanuli Utara

Sanggar Tenun Ulos

topmetro.news – Pimpinan dan Komisi II DPRD Kabupaten Samosir mengunjungi Sanggar Tenun Ulos di Desa Hutanagodang Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (11/7/2020).

Kunjungan tersebut untuk konsultasi dan koordinasi dalam rangka pengembangan dan pengelolaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kerajinan tenun Ulos.

Dalam kunjungan tersebut DPRD Samosir didampingj perwakilan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir.

Rombongan DPRD Samosir diterima Kepala Dinas Koperindag Tapanuli Utara Marco Panggabean. Marco didampingi Kepala Desa Hutanagodang dan Ketua Sanggar Tenun Harungguan Gokma Siregar.

Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba menyampaikan terimakasih atas sambutan serta menjelaskan kunjungan ke Sanggar Tenun tersebut.

“Nantinya masukan dan ilmu yang didapat dari kelompok ini akan jadi bahan dalam membuat kebijakan untuk pengembangan UMKM khususnya bidang tenun ulos,” jelas Saut.

Lebih lanjut Saut mengatakan bahwa pengelolaan tenun ulos merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan menjaga warisan budaya leluhur.

“Dan tentunya mengangkat nilai dan nama ulos ini menjadi lebih berharga dan dikenal dunia,” ujar Saut.

Ragam Ulos

Kepada rombongan DPRD Samosir, Ketua Sanggar Marco Panggabean menjelaskan, bahwa Ulos yang mereka tenun terdiri dari berbagai jenis. Di antara Ulos Harungguan, Ulos Sibolang, Ulos Bintang Maratur, Ulos Marketer.

“Produk andalan kami adalah Ulos Harungguan. Kita menenun Ulos Harungguan karena harganya mahal dan diterima di mancanegara,” ujar Marco Panggabean.

Sementara Ketua Komisi II DPRD Samosir mengapresiasi atas sinergi antara pemerintah dan kelompok dalam mengembangkan UMKM.

“Harapan kami nantinya melalui dinas terkait di Samosir, akan dapat mempraktekkan apa yang kita lihat di Sanggar Tenun Harungguan. Dan ke depan kelompok tenun dari Samosir dapat berkunjung dan menimba ilmu disini,” ujarPardon ME Lumbanraja.

reporter | TIM

Related posts

Leave a Comment