Marcus Rashford Bakal Dianugerahi Gelar Doktor Kehormatan di University of Manchester

marcus rashford

topmetro.news – Penyerang Manchester United, Marcus Rashford, bakal mendapat anugerah gelar doktor kehormatan dari University of Manchester. Gelar Honoris Causa itu diberikan atas kerja keras sang pemain mengampanyekan perlawanan terhadap kemiskinan di kalangan anak usia sekolah.

Seperti diketahui, Marcus Rashford gencar mengampanyekan pengumpulan donasi untuk memberi makan jutaan anak usia sekolah di Inggris selama pandemi Covid-19. Ia bekerja sama dengan Fare Share UK untuk menghimpun dana tersebut.

Selain kerja sama dengan lembaga tersebut, Marcus Rashford juga sempat mendesak Pemerintah Inggris saat wacana menghapus makanan gratis di sekolah mengemuka. Pemain berusia 22 tahun itu mendesak agar penghapusan dicabut demi menjamin adanya makanan bergizi bagi anak-anak usia sekolah di Inggris.

Baca Juga : Gary Neville Berang Lihat Pogba dan Rashford Rebutan Penalti

Perjuangan Marcus Rashford itu dikabulkan oleh Pemerintah Inggris di bawah Perdana Menteri (PM) Boris Johnson. Pujian langsung mengalir untuk pemain kelahiran Wythenshawe tersebut. Kini, ia akan mendapat penghargaan bagi jerih payah tersebut.

University of Manchester akan memberikan gelar doktor kehormatan bagi Marcus Rashford. Ia akan menjadi orang termuda yang pernah menerima gelar honoris causa pada usia 22 tahun dari universitas tersebut. Terang saja, Marcus Rashford merasa bangga.

“Ketika Anda melihat nama-nama yang sudah dianugerahi gelar doktor di masa lalu, ini sungguh sebuah kehormatan. Perjuangan kita masih panjang dalam melawan kemiskinan di kalangan anak-anak Inggris, tetapi menerima penghargaan dari kota tempat tinggal Anda, berarti kita menuju arah yang benar, dan ini sungguh berarti,” ujar Marcus Rashford, sebagaimana dikutip dari BBC, Rabu (15/7/2020).

Presiden University of Manchester Puji Marcus Rashford

Presiden University of Manchester, Professor Dame Nancy Rothwell, memuji apa yang dilakukan Marcus Rashford di luar lapangan. Sebab, apa yang dilakukan, tidak hanya berdampak buat masyarakat Kota Manchester saja, melainkan seluruh Inggris.

“Marcus adalah anak muda luar biasa dengan bakat dan kampanye luar biasa yang melampaui sepakbola. Kegiatan amal dan kampanye tidak hanya akan membantu kaum muda di kota kami, tetapi juga seluruh negeri. Universitas kami memiliki tanggung jawab sosial dan rasa kebanggan serta kewajiban sosial sebagai warga negara ini adalah alasan mengapa Marcus menjadi penerima gelar termuda,” ungkap Rothwell, dikutip dari laman resmi Man United.

Selain Marcus Rashford, ada dua nama lain yang pernah dianugerahi gelar serupa yang memiliki afiliasi dengan Manchester United. Kedua nama tersebut adalah mantan manajer Sir Alex Ferguson dan legenda klub Sir Bobby Charlton.

Kolaborasi antara Marcus Rashford dengan Fare Share UK sanggup menghimpun dana donasi hingga 20 juta poundsterling (setara Rp367 miliar). Selain itu, mereka juga mendapat sumbangan makanan sebanyak 3,9 juta porsi yang akan dibagikan ke orang-orang yang terdampak Covid-19 setiap pekan.(TMN)

sumber:okezone.com

Related posts

Leave a Comment