Polrestabes Medan Gandeng Wartawan Mewujudkan Kamtibnas

Ngobrol Asyik
Advertisement

topmetro.news – Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko mengadakan ‘Ngobrol Asyik’ (Ngobras) dengan Wartawan Unit Polrestabes Medan, Jumat (17/7/2020), di Media Center Polrestabes Medan.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam itu, dibahas bagaimana caranya agar situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terwujud.

Guna mewujudkan kamtibnas, Kombes Pol Riko Sunarko turut menggandeng para awak media dalam memberikan informasi kepada masyarakat untuk menciptakan suasana yang aman, tertib dan damai,

“Dalam mengelola kamtibmas, saya beserta sekitar 2.400 personel Polrestabes Medan tidak ada artinya jika tidak ada dukungan dari semua pihak. Termasuk rekan-rekan media. Kami butuh bantuan media, baik langsung maupun tidak langsung dengan memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat. Untuk itu, media diharapkan jadi corong Polrestabes Medan untuk menggugah kesadaran publik dalam meningkatkan keamanan. Minimal untuk diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar,” jelasnya.

Perbanyak CCTV di Medan

Saat ini, Polrestabes Medan juga sedang berupaya mendorong Pemko Medan untuk memperbanyak pemasangan CCTV di Kota Medan. Karena jika semakin banyak CCTV maka akan sangat membantu petugas dalam mengungkap tindak kejahatan.

“CCTV sudah bukan lagi menjadi barang mewah, tapi sudah sebagai kebutuhan. Dengan adanya CCTV, diharapkan menimbulkan rasa aman dan nyaman. Kita juga sudah koordinasi dengan Dishub. Karena selama ini pemasangan CCTV masih difokuskan untuk ke jalan raya. Ke depan kita mendorong pemda dalam hal ini Pemko Medan untuk memperbanyak CCTV,” terangnya.

Kombes Pol Riko Sunarko juga mengharapkan, agar setiap masyarakat bisa menjadi polisi bagi diri sendiri. Di antaranya dengan segera melaporkan kepada pihak kepolisian apabila melihat tindak kejahatan.

“Masyarakat harus bisa menjadi polisi bagi diri sendiri. Masyarakat juga punya hak untuk menangkap seseorang yang terlibat tindak kriminal. Tapi bukan menghakimi. Sebab, menegakkan hukum bukan berarti harus melanggar hukum,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolrestabes juga mengharapkan agar Wartawan Unit Polrestabes Medan bisa menjalin kerjasama dengan kelompok-kelompok wartawan yang lain. Hal itu guna memudahkan penyebaran informasi terkait kegiatan Polrestabes Medan.

reporter | Nita Veronika

 84 total views,  2 views today

Advertisement

Related posts

Leave a Comment