Pengurus Satgas DPD Horas Bangso Batak Sumut Dilantik

dalihan na tolu

topmetro.news – Fakta lumayan mengejutkan disampaikan seorang putra Batak yang berhasil di kemiliteran, yakni Brigjen TNI John Sihol Pardamean Sihombing. Dia menyebut, ternyata di ‘dalihan na tolu’, tidak ada sarana untuk meminta maaf bagi sesama ‘dongan sabutuha’.

Hal itu disampaikan Kepala Kelompok Staf Ahli Kodam I/BB itu saat memberi sambutan pada acara Pelantikan Satgas DPD HBB (Horas Bangso Batak) Sumut, dan DPC Tingkat II Medan serta Deli Serdang, di Aurora Ballroom Hotel Grand Antares, Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu sore (1/8/20).

Menurut dia, mungkin itu sebabnya dalam ‘dalihan na tolu’ disebut, ‘manat mardongan tubu’. “Kalau salah kepada hula-hula bawa ‘na margoar’. Ketika salah kepada boru, bawa ‘dengke’. Tapi ketika salah kepada dongan tubu, apa sarananya?” tanya jenderal bintang satu itu

Puji Visi HBB

Brigjen TNI John SP Sihombing mengaku merasa bangga bisa hadir di pelantikan Satgas HBB. Dia memuji visi HBB yang menurutnya tidak neko-neko, tapi berat. Salah satunya yang berat, kata dia adalah, visi untuk mempersatukan elemen masyarakat Batak. Sebab menurutnya, sulit memimpin Orang Batak, karena semua ingin jadi pemimpin. Semua ‘anak ni raja’.

Untuk satgas dia berharap agar menjadi garam dan terang. “Jadikan dirimu menjadi orang yang dirindukan orang lain,” katanya.

Dia pun memberi motivasi kepada satgas untuk bisa menjadi organisasi yang bisa berbuat untuk masyarakat. “Jangan hanya petantang-petenteng pakai loreng. Tak ada guna sekarang,” tegasnya.

Kata dia, saatnya ormas mengandalkan kreatifitas dan inovasi. Apalagi saat ini situasi ekonomi bangsa tengah sulit. Orang Batak, sambung Jhon, harus ikut mencari jalan untuk bisa membantu sesamanya.

Syamsul Arifin yang turut hadir di acara itu, dalam sambutannya mengatakan, supaya sejalan ucapan dan perbuatan. “Jangan hanya cakap saja,” katanya seraya berharap, agar semua anggota satgas HBB terus berjuang untuk kepentingan semua orang.

Mantan Gubernur Sumut itu juga mengingatkan, kondisi ekonomi saat ini sedang susah, terutama karena Covid-19. Karenanya dia mengingatkan Orang Batak harus ikut membantu memulihkan kondisi tersebut.

Sebelumnya, Ketum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Syamsul Arifin, Brigjen TNI John SP Sihombing, dan lainnya, yang hadir di kesempatan itu.

Lamsiang juga mengapresiasi aktifitas Satgas HBB yang mayoritas adalah kegiatan sosial. Dia berharap ke depan Satgas HBB tetap hadir di tengah masyarakat untuk berbuat kebaikan. Kata dia, program apa pun, kalau bertujuan baik, pasti banyak mendukung.

Protokol Covid-19

Ketua Umum DPP Horas Bangso Batak Lamsiang Sitompul SH MH sedang menandatangani berita acara pelantikan pengurus Satgas DPD HBB Sumut | topmetro.news

Meski di tengah Pandemi Covid-19, pelaksanaan kegiatan itu berjalan dengan sukses dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Setiap orang sebelum memasuki gedung, diwajibkan mencuci tangan dan harus menggunakan masker.

Selain Syamsul Arifin dan Brigjen TNI John SP Sihombing, hadir juga mewakili Gubernur Sumut, mewakili Plt. Walikota Medan, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua DPP Horas Bangso Batak melantik Ketua Satgas DPD Sumut Adventus Purba, Sekretaris Humpu Simaremare ST, dan pengurus lainnya. Sementara Ketua DPD Satgas HBB Sumut melantik DPC Kota Medan dan Deli Serdang.

Anak Panti Asuhan

Dalam rangkaian pelantikan tersebut, DPD Satgas HBB, DPP HBB se-Indonesia bersama Satgas HBB juga memberikan bantuan sosial ke Panti Asuhan Zending Islam Jalan Sisingamangaraja Medan, Kamis (30/7/2020).

Rombongan dipimpin Ketua Umum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH, didampingi Ketua Satgas HBB Sumut Adventus Purba, Pembina HBB Ustadz Martono dan pengurus lainnya. Mereka diterima Dra Zunaidar sebagai pengurus harian panti asuhan dan Fahmi Tumanggor sebagai nazir masjid.

Lamsiang menyemangai anak-anak panti asuhan agar terus giat belajar, jangan minder dengan orang lain yang bukan dididik di panti asuhan. Karena di mana pun anak-anak dididik, kalau tekun belajar akan menjadi anak yang sukses. Dia menjelaskan HBB juga perduli kepada sesama, terutama kepada anak-anak panti asuhan yang tidak memiliki orangtua.

“Doakan juga HBB ini semakin sukses, agar kelak rezeki kami bertambah, kami akan datang lagi ke panti asuhan ini,” kata Lamsiang.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment