Mikel Arteta Jadi Pelatih Spanyol Keempat yang Berhasil Juarai Piala FA

mikel arteta arsenal

topmetro.news – Mikel Arteta baru saja membawa Arsenal meraih gelar juara Piala FA 2019-2020. Pencapaian tersebut menjadikan Arteta sebagai pelatih Spanyol keempat, yang pernah meraih gelar juara di ajang kompetisi sepakbola, tertua di tanah Britania Raya itu.

Dilansir dari laman BBC Sport, Minggu (2/8/2020), sebelum Arteta meraihnya musim ini, ada tiga nama pelatih Spanyol lain, yang lebih dulu berhasil meraih gelar juara Piala FA. Mereka adalah Rafael Benitez, Roberto Martinez dan Josep Guaridiola. Benitez meraih gelar juara pada 2011-2012 saat menangani Chelsea. Satu musim berikutnya Roberto Martinez mengantarkan Wigan Athletic, menjadi juara usai menang dramatis atas Manchester City di partai final.

Setelah jeda cukup lama, Josep Guardiola menjadi pelatih Spanyol ketiga yang meraih gelar juara, Piala FA pada musim 2018-2019. Guardiola mengantarkan Manchester City, menang besar 6-0 atas Watftorf saat tampil di laga puncak.

Mikel Arteta Pernah Menjadi Asisten Guardiola di Manchester City

Menariknya, saat itu Arteta menjabat sebagai asisten pelatih Guardiola di Manchester City. Musim ini, pelatih 38 tahun itu kembali meraih gelar serupa saat dirinya menjabat, sebagai pelatih di im Meriam London.

Sejak melatih Arsenal, tim berjulukan The Gunners itu walaupun tak menjadi juara Liga, tapo performanya selama kompetisi begitu apik. Beberapa kali, Arsenal bersama Mikel Arteta mengukir kemenangan di laga big match.

Piala FA sendiri pertama kali diselenggarakan pada musim 1871-72. Turnamen ini terbuka untuk semua tim yang berlaga di Liga Primer, Football League, Football Conference dan klub-klub Step 3-5 serta beberapa klub Step 6 terpilih dari Sistem Liga Nasional.

Baca Juga : Mikel Arteta: Arsenal Harus Dapatkan Lagi Momentum dan Kepercayaan Diri

Sejauh ini Arsenal menjadi tim tersukses di ajang Piala FA, dengan mengoleksi 14 kali gelar juara. Tidak hanya itu, The Gunners -julukan Arsenal- juga menjadi klub, yang paling sering tampil di final Piala FA yakni sebanyak 19 kali.

Gelar ke-14 Arsenal diraih usai mereka berhasil mengalahkan Chelsea, pada partai final yang berlangsung di Stadion Wembley, Minggu (2/8/2020) dinihari WIB. Pada laga tersebut Arsenal enang tipis dengan skor akhir 2-1.

Pierre-Emerick Aubameyang menjadi pahlawan timnya, dengan torehan dua gol ke gawang Chelsea. Sementara The Blues hanya berhasil menyarangkan satu gol, lewat aksi Christian Pulisic di awal babak pertama.

reporter | yofe
sumber:okezone

Related posts

Leave a Comment