Pengunjung Disdukcapil Medan Relatif Tinggi Meski Pandemi Covid-19

pengunjung Disdukcapil Medan

topmetro.news – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan masih terus dibanjiri masyarakat meski masa Pandemi Covid-19 atau Virus Corona. Kendati begitu, pengunjung yang datang ke Disdukcapil Medan itu harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

Kepala Disdukcapil Kota Medan Dr Drs Zulkarnain MSi mengatakan, jumlah pengunjung yang ingin mengurus dokumen masih tinggi. Bahkan dalam semester I 2020 pihaknya sudah menerbitkan sebanyak 1.500 dokumen per hari. Hal tersebut lantaran dokumen kependudukan sangatlah diperlukan dalam berbagai kegiatan sosial ekonomi masyarakat sebagai bentuk data indentitas diri yang sah.

“Oleh sebab itu, dalam kondisi apa pun, tentunya dokumen kependudukan pasti diperlukan. Misalnya untuk mengakses pelayanan kesehatan dan pendidikan. Pasti diperlukan identitas diri yang akurat,” kata Zulkarnain di Kantor Disdukcapil Kota Medan, Jalan Iskandar Muda, Medan Petisah, Kamis (6/8/2020).

Pelayanan Online

Seperti diketahui, untuk menghindari penyebaran Covid-19, Disdukcapil Medan juga menerapkan pendaftaran sistem online yang dapat diakses melalui aplikasi ‘SiBisa’. Namun pihaknya masih tetap melakukan pelayanan secara manual kepada masyarakat yang mengalami keterbatasan dalam mengakses sistem online.

“Memang pelayanan secara manual tetap masih kita berikan. Mungkin karena terbatasan, masyarakat untuk menggunakan jasa pelayanan online. Itu kan tetap kita maklumi jadi tetap juga kita berikan pelayanan manual,” jelas Zulkarnain.

Zulkarnain menjelaskan, saat ini pemanfaatkan fasilitas online juga semakin meluas di tengah-tengah masyarakat. Oleh sebabnya, pendaftaran penduduk secara online sudah diikuti 80% masyarakat.

“Jadi kita bersyukur. Pelayanan publik administrasi kependudukan ini sesuai dengan harapan. Kita sudah mentransformasinya dalam bentuk digitalisasi pelayanan,” ujarnya.

“Jadi sisanya yang 20% persen tetap melakukan secara manual namun tetap mematuhi protokol,” tambahnya.

Guna memecah kerumunan keramaian yang tidak tertib dan tidak teratur, jelas Zulkarnain, Disdukcapil Medan menerapkan pelayanan pendaftaran mulai pukul 08.15 WIB-12.00 WIB. Sementara pengambilan dokumen pada pukul 13.30 WIB-16.30 WIB.

“Sejauh mungkin tingkat kerumunan dalam pelayanan manual itu saat ini bisalah kita hindari,” ungkapnya.

Bangun Kebiasaan Baru

Zulkarnain berharap agar masyarakat sadar untuk mematuhi protokol serta semua prosedur sistem pelayanan yang sudah diterapkan. Ia juga berharap agar masyarakat bisa membangun cara baru dan kebiasaan baru dalam pelayanan administrasi kependudukan di masa pandemi.

“Kita harapkan semua kita mematuhi kebiasaan baru dalam pelayanan adminstrasi yang kita terapkan. Terutama pemanfaatan pelayanan online sistem dalam pelayanan. Jadi kebiasaan masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas online sistem merupakan kebiasan baru yang kita harapkan terbangun dalam masyarakat dalam membuat administrasi kependudukan,” jelas Zulkarnain.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang tetap menggunakan cara manual agar selalu memakai masker. Menggunakan hand sanitizer dan mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan.

reporter | Tria Sitinjak

Related posts

Leave a Comment