Pasca-Pengumuman PDIP, Pilkada Medan Diperkirakan Sepi Pemilih

Pasca-pengumuman PDIP

topmetro.news – Pasca-pengumuman PDIP, maka Pilkada Medan 2020 diperkirakan akan ‘sepi’ pemilih. Artinya, golput pada pilkada kali ini bakal kembali jadi pemenang, setelah mengetahui siapa yang diusung oleh PDIP.

Pernyataan ini disampaikan pengamat politik, Raya Timbul Manurung kepada topmetro.news, Selasa (11/8/2020), menanggapi keputusan DPP PDIP untuk mengusung Pasangan Bobby Nasution – Aulia Rahman di Pilkada Medan 2020.

Menurut dia, suara golput itu akan disumbangkan oleh orang-orang yang merasa tidak terwakili pada Pilkada Medan. Sebelumnya, kata Timbul, mereka itu berharap pada PDIP. Namun kemudian kecewa usai mengetahui hasil pengumuman.

“Golput nanti tinggi dari Toba, China, Karo, Umat Kristen. Budha juga cenderung golput,” kata Timbul Manurung.

Selain itu, kata Timbul, keputusan PDIP juga membuat bingung ‘arus bawah’, termasuk para pendukung Prabowo. “Yang pusing cuma arus bawah PDIP dan kelompok pendukung Prabowo. Arus bawah PDIP Medan ingin wakil walikota untuk Bobby harus PDIP. Sementara pendukung Prabowo juga bingung, karena ternyata Prabowo mengusung Bobby,” kata Timbul.

Raya Timbul juga melihat, ada desain tingkat tinggi dalam putusan tersebut. “Aku lihat ini by design para petinggi. Karena Gibran maju di Solo dari PDIP, maka didisain Bobby maju di Medan dari Gerindra. Jadi Jokowi, PDIP tetap bagus. Juga Prabowo dengan Jokowi jadi bagus,” tutup dia.

PDIP, Bobby, dan Aulia

Sebagaimana diketahui, PDIP telah resmi mengusung Bobby Afif Nasution dan Aulia Rahman di Pilkada Medan 2020. Bobby adalah menantu Presiden Jokowi, sementara Aulia merupakan kader Partai Gerindra.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani membacakan kepastian itu, bersamaan dengan pengumuman rekomendasi pasangan calon kepala daerah lainnya yang ikut Pilkada Serentak 2020.

“Selamat bergabung ke PDI Perjuangan, Mas Bobby. Selamat atas kelahiran putra keduanya. semoga berkah,” kata Puan Maharani saat membacakan nama Bobby, Selasa (11/8/2020), yang disampaikan ke seluruh Indonesia secara virtual.

Sebelumnya, Partai Gerindra juga sudah lebih dahulu mengeluarkan rekomendasi untuk Bobby Nasution – Aulia Rahman.

Kemungkinan besar, pasangan ini akan berhadapan dengan petahana, Akhyar Nasution. Plt Walikota Medan itu sendiri adalah kader PDIP. Namun belakangan disebut telah bergabung ke Partai Demokrat dan akan berpasangan dengan Salman Alfarisi dari PKS.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment