Bupati Sergai Narasumber Rakor Awal Kegiatan PISEW Kementrian PU-PR

Bupati Sergai

topmetro.news – Bupati Sergai (Serdang Bedagai), Ir. H. Soekirman, didapuk menjadi Narasumber pada Rapat Koordinasi (Rakor) Awal Kegiatan Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) di Le Polonia Hotel Medan, Kamis (13/8/2020).

Turut serta dalam Rakor, Kepala Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Sumut Syahriel Tansier, ST. MT beserta jajaran, Tim Pelaksana Pusat Program PISEW, Tim Pelaksana Provsu, Tenaga Ahli Provinsi, Asisten Tenaga Ahli Provinsi, Kepala OPD, Camat, serta peserta yang berasal dari unsur pengurus BKAD Kabupaten Sergai dan Kabupaten Toba.

Paparan Bupati Sergai

Dalam kesempatan tersebut, Bupati memaparkan bahwa kegiatan yang diisi dengan petunjuk teknis pelaksanaan PISEW 2020 juga dirangkai dengan tata cara pencegahan Covid-19. Dalam pelaksanaan kegiatan padat karya yang akan memberikan pemahaman bagi pelaksana di daerah agar dapat melaksanakan program PISEW ini dengan baik dan sesuai ketentuan.

“Kita berterima kasih kepada kementerian PU-PR yang membawa program ini di Kabupaten Sergai. Maka kita harus dapat mengkombinasikan top-down dan bottom-up. Hal ini menggambarkan tentang program yang mahal jika dibandingkan program pembangunan biasa,” ujarnya.

Baca Juga: Bupati Sergai Gelar Rapat Sakip “Fokuskan Pada Outcome, Bukan Output”

“Saya selalu mewanti-wanti kepada jajaran di kecamatan kita untuk mengajak masyarakat meskipun proses-proses ide barangkali tidak ikut namun perencanaannya dilibatkan. Sebab jika sudah perencanaannya dilibatkan maka pelaksanaannya diikutkan dan kalau pelaksanaan diikutkan maka pengawasan akan ikut juga sehingga pemanfaatannya nanti akan ada pada mereka,” katanya.

Pengawasan dan Pemanfaatan

Oleh karenanya, lanjut Bupati Sergai, maka dalam perhitungan partisipasi saya menilai idenya 20 rencananya 20 pesanannya 20 pengawasan 20 pemanfaatan atau penggunaan nya 20 sehingga nilainya 100. Jika nilainya sudah 100 maka proyek tersebut akan berkelanjutan bahkan jika ada kerusakan sedikit saja maka diurus dan diperbaiki lagi oleh masyarakat.

“Bagi daerah-daerah yang mendapatkan program ini, merupakan harapan kerinduan yang sudah lama dinantikan. Mudah-mudahan dengan adanya top-down dan bottom-up ini maka program PISEW di Sergai akan menjadi kegiatan yang benar-benar dimiliki oleh masyarakat. Mari ajak masyarakat untuk bersama menjaga karena program ini adalah milik kita bersama masyarakat,” pesan Bupati Sergai.

Diakhir sambutannya Bupati mengucapkan terima kasih kepada Satker PPPW Provsu yang menjadikan Kabupaten Sergai sebagai lokasi penerapan program.

“Kami akan berusaha untuk membanggakan Kementerian PU-PR khususnya Dirjen Cipta Karya untuk kemajuan masyarakat khususnya di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,” pungkasnya.

Reporter | Dina Mariana

Related posts

Leave a Comment