Jaga Kondusifitas Kota Medan, Kodim 0201/BS Jalin Kemitraan dengan HBB

Kodim 0201/BS Medan

topmetro.news – Kodim 0201/BS Medan mendukung dan siap menjalin kemitraan dengan Horas Bangso Batak (HBB) dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat, khususnya di Kota Medan. Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar menyampaikan hal itu saat menerima kunjungan pengurus HBB di Markas Kodim 0201/BS, Jalan Pengadilan Medan, Rabu (19/8/2020).

“Saya senang sekali bisa bertemu dengan saudara-saudara. Apalagi visi organisasi ini salah satunya untuk menjaga kondusifitas masyarakat. Orang Batak ini luar biasa. Sepanjang saya berdinas di hampir seluruh daerah di Indonesia, saya selalu ketemu dengan Orang Batak. Mereka sangat kompak,” kata Agus.

Agus mengapresiasi dan siap mendukung serta bermitra dengan organisasi yang didirikan kurang lebih dua tahun yang lalu ini. Agus mengatakan, kehadiran ormas sangat penting untuk bersama-sama pemerintah menjaga kondusifitas di suatu daerah.

“Apalagi Medan ini karakter masyarakatnya cukup keras, tidak bisa hanya pemerintah yang berperan. Partisipasi ormas dan tokoh masyarakat sangat penting,” kata pria kelahiran Kabupaten Asahan ini.

Visi Misi HBB

Ketum DPP Lamsiang Sitompul SH MH mengatakan, kehadiran mereka untuk memperkenalkan HBB dan meminta arahan dari Dandim. Apalagi dalam waktu dekat akan digelar Pilkada Serentak 2020.

“Salah satu latar belakang organisasi ini dibentuk untuk bersama-sama dengan pemerintah menjaga negeri ini dari intoleransi. HBB sendiri berpusat di Medan, Sumatera Utara dan memiliki kepengurusan di berbagai daerah di Indonesia,” ujar Lamsiang.

Lamsiang menambahkan pihaknya menyambut baik dan siap dilibatkan bila ada program Kodim 0201/BS Medan. Apalagi yang berkaitan dengan bela negara dalam rangka menjaga kondusifitas Kota Medan.

Sekretaris DPP HBB Luhut Situmorang SH menambahkan, meski HBB identik dengan Batak, namun tetap terbuka bagi orang di luar Etnis Batak yang ingin bergabung. “Sumatera Utara ini multietnis. HBB siap menerima siapa pun yang ingin bergabung sepanjang masih satu visi,” kata Luhut.

Selain Ketum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH dan Sekretaris Luhut Situmorang SH, pengurus lain yang ikut adalah Wakil Ketua DPP Thompson Parapat SH. Lalu Penasehat Satgas DPD HBB Sumut Amrin Pasaribu, Sekretaris Satgas DPD HBB Sumut Humpu Simaremare. Kemudian Ketua DPC HBB Medan Budi Sinurat AMd, Sekretaris Boy Situmorang, dan Wakil Ketua Golden Sitanggang.

Sementara pengurus HBB Deli Serdang antara lain, Ketua Rames T Hutabarat, Wakil Ketua Sudirman Marbun, dan Sekretaris Hengki Boyke Nainggolan. Turut hadir puluhan anggota HBB lainnya.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment