Lomba Video Inovasi ‘New Normal’ Balitbang Sumut, 46 Finalis Perebutkan Hadiah Rp96 Juta

Inovasi Tatanan Kehidupan Baru

topmetro.news – Sebanyak 46 peserta lolos ke babak berikutnya Lomba Video Inovasi Tatanan Kehidupan Baru pada masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara. Seluruh finalis lomba dengan total hadial Rp96 juta tersebut mengikuti penilaian melalui presentasi daring mulai Rabu, 26 Agustus 2020.

Kepala Balitbang Provsu Ir H Irman MSi kepada wartawan, Jumat (28/8/2020), menjelaskan, sejak pendaftaran ditutup pada tanggal 18 Agustus silam, pihaknya telah melakukan seleksi tahap pertama menghasilkan 46 finalis. “Alhamdulillah masyarakat cukup antusias mengikuti lomba ini. Dari 127 peserta yang terbagi dalam dua kategori, yaitu masyarakat umum dan pemerintah daerah, terdapat 46 peserta yang berhasil lolos tahap awal,” jelas Irman.

Ditambahkannya, untuk kategori masyarakat umum/organisasi/lembaga/asosiasi diikuti 91 peserta. Setelah diseleksi ada 33 peserta yang kemudian lolos.
Sedangkan untuk kategori pemerintah daerah diikuti 36 instansi. Dimana 13 di antaranya berhasil lolos ke tahap berikut.

Irman kemudian mengungkapkan, tujuan pelaksanaan lomba oleh Badan Penelitian dan Pengembangan yang dipimpinnya adalah untuk memberikan ruang apresiasi kepada masyarakat umum dan pemerintah daerah. “Agar semua bisa memberikan kontribusi melalui konsep atau gagasan terhadap inovasi terkait tatanan kehidupan baru di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Covid-19 ubah Tatanan Sosial

Pandemi Covid-19, tambah Irman, telah mengubah tatanan sosial dan ekonomi di seluruh dunia. Sehingga pemerintah membutuhkan gagasan atau konsep pemikiran untuk mengatasi berbagai permasalahan.

“Untuk memacu berbagai pemikiran dan kreativitas baik dari pemerintah daerah, perguruan tinggi dan lembaga penelitian, serta masyarakat umum, maka Pemerintah provinsi Sumatera Utara melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara menggelar lomba video inovasi terkait tatanan kehidupan baru pada masa pandemi Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara,” ujarnya.

Irman mengungkapkan, konsep video yang dilombakan mengambil topik inovasi terkait Tatanan Kehidupan Baru Covid-19. Melingkupi sektor ekonomi dan sosial, sektor pariwisata, sektor pelayanan publik, dan sektor pendidikan.

Dalam pelaksanaan penilaian pihaknya melibatkan dewan juri dari lembaga penelitian dan dosen perguruan tinggi dan swasta. Yakni, Anggota Dewan Riset Daerah Sumatera Utara Prof Harmein Nasution MSIE IPU. Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Medan Dr Erond Litno Damanik MSi. Anggota Dewan Riset Daerah Sumatera Utara Solahuddin Nasution SE MSP. Dosen Universitas Harapan Medan Abdul Jabbar Lubis ST MKom. Dosen Universitas Potensi Utama Medan Heri Gunawan ST MKom. Serta Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Medan Ater Budiman Sinaga SPd MSi.

sumber | RILIS

Related posts

Leave a Comment